logo


Selesaikan Krisis Imigran Ilegal, Wapres AS Kunjungi Beberapa Negara Amerika Tengah

Wakil Presiden AS Kamala Harris mengatakan bahwa dirinya akan segera berkunjung ke sejumlah negara di kawasan Amerika Tengah guna menyelesaikan akar permasalahan meningkatnya jumlah imigran ilegal yang masuk ke AS

15 April 2021 15:03 WIB

Kamala Harris
Kamala Harris istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris pada Rabu (14/4) mengatakan bahwa dirinya akan segera mengadakan kunjungan ke Meksiko dan Guatemala sebagai bagian dari upaya diplomatik untuk memblokir aliran imigran ilegal yang mencoba masuk ke AS melalui perbatasan Meksiko.

Kamala Harris telah ditunjuk oleh Presiden Joe Biden untuk memimpin kunjungan delegasi AS ke negara "segitiga utara" Amerika Tengah seperti Honduras, El Salvador dan Guatemala, untuk menghentikan gelombang imigran ilegal tersebut.

"Fokus kami adalah untuk menangani akar permasalahannya, dan saya berencana untuk melakukan perjalanan, yang saya harap akan menjadi kunjungan pertama saya (sebagai wakil presiden), ke Segitiga Utara, mampir ke Meksiko dan lanjut ke Guatemala," kata Harris, dikutip Reuters.


Korsel Bakal Gugat Jepang jika Nekat Lanjutkan Rencana Pembuangan Air Limbah Nuklir

Sementara itu, Presiden Guatemala Alejandro Giammattei pada Rabu (14/4) mengatakan bahwa pihaknya kemungkinan dapat mencapai kesepakatan terkait penyelesaian masalah imigran tersebut dengan Harris.

"Mereka (pemerintah AS) akan menganalisa proposal kami dan kesepakatan akan muncul dari sana," kata Alejandro dalam pernyataan tertulisnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah imigran ilegal yang berupaya masuk ke AS melalui jalur perbatasan Meksiko belakangan ini semakin meningkat secara signifikan. Peningkatan tersebut disebabkan oleh semakin sulitnya mendapatkan kehidupan yang lebih baik di Amerika Tengah, ditambah kebijakan imigrasi Joe Biden diyakini lebih longgar daripada Donald Trump.

Situasi Korea Utara Tak Seburuk yang Disampaikan oleh Kim Jong Un

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia