logo


Spanyol Juga Akan Tarik Keluar Pasukan Militernya dari Afghanistan

Kemenlu Spanyol mengatakan bahwa pihaknya akan menyesuaikan langkah NATO dan AS dalam hal penarikan pasukan dari wilayah Afghanistan pada 11 September mendatang

15 April 2021 10:45 WIB

Pasukan AS
Pasukan AS istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Spanyol pada Rabu (14/4) menyatakan bahwa pihaknya juga akan menarik seluruh pasukan militernya dari Afghanistan bersamaan dengan pihak NATO dan AS yang sebelumnya mengumumkan bahwa tindakan tersebut akan dilakukan paling lambat pada 11 September 2021 mendatang.

"Spanyol akan men-sinkronisasi penarikan pasukan militer dari Afghanistan bersama dengan Amerika Serikat dan negara aliansi lain, yang pada hari ini mengumumkan bahwa mereka akan menyelesaikan...misi (di Afghanistan) bertepatan dengan peringatan ke-20 insiden serangan 11 September," kata Kementerian Luar Negeri Spanyol dalam pernyataan tertulis, dikutip Sputniknews.

Kemenlu Spanyol menambahkan bahwa pihak NATO harus menjalin kesepakatan dengan Afghanistan terkait kerjasama bilateral dalam hal keamanan, usai semua pasukan asing berhasil ditarik keluar dari negara tersebut.


Turki Bilang AS Batal Kirim Armada Kapal Perang ke Laut Hitam

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa pasukan asing yang berada di bawah komando NATO juga akan keluar dari wilayah Afghanistan bersama dengan pasukan AS, pada 11 September mendatang.

"Saya di sini untuk bekerja sama dengan negara aliansi kami, bersama Sekertaris Jenderal NATO, pada prinsip bahwa kita sudah membangun kekuatan sejak awal: masuk bersama, beradaptasi bersama dan keluar secara bersamaan," kata Blinken.

"Kami akan bekerja sama dalam beberapa bulan ke depan untuk penarikan pasukan dari Afghanistan secara aman...dan terkoordinir," tambahnya.

 

AS Segera Umumkan Sanksi Baru untuk Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia