logo


Reshuffle Kabinet itu Hak Prerogatif Jokowi, Tak Perlu Didorong-dorong Kayak Orang Kebelet

Teddy menilai peleburan dua kementerian harus dibarengi dengan reshuffle kabinet.

14 April 2021 14:46 WIB

Teddy Gusnaidi
Teddy Gusnaidi radarcirebon.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Dewan Pakar PKPI Teddy Gusnaidi angkat bicara soal wacana peleburan Kemendikbud dan Kemenristek. Dia menilai peleburan dua kementerian harus dibarengi dengan reshuffle kabinet.

“Karena ada peleburan 2 kementerian, tentu harus reshuffle kabinet,” kicaunya lewat akun Twitter @TeddyGusnaidi, dikutip Rabu (14/4).

Teddy menekankan, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, dia mengingatkan semua pihak agar tak mendorong Jokowi memperbarui kabinetnya secara berlebihan.


Abdullah Hehamahua Datangi Jokowi Seperti Musa ke Firaun, Ferdinand: Ternyata Pengin Seperti Yahudi toh?

“Tapi untuk Reshuffle kabinet yang lain, itu adalah hak Prerogatif Presiden. Gak perlu didorong-dorong kayak orang kebelet,” tegasnya.

Seperti diketahui, isu reshuffle kabinet tengah mencuat. Sejumlah menteri pun dinilai layak di-reshuffle.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menilai Mendikbud Nadiem Makarim salah satu nama yang pantas diganti. Sebab, Nadiem tak menunjukkan performanya selama masa pandemi Covid-19.

"Mayoritas banyak menteri yang perlu dievaluasi, termasuk Menteri Pendidikan. Selama pandemi kan tidak terlihat perform," ujar Adi kepada detik.com, Selasa (13/4).

"Selama pandemi nyaris tak terlihat manuvernya, terutama model belajar yang mudah dipahami, juga soal subsidi kuota internet, dan lainnya," tambahnya.

Selain Nadiem, Adi menilai kementerian di bidang ekonomi, kata Adi, juga pantas disorot. Kondisi perekonomian Indonesia yang jatuh-bangun selama Corona juga menjadi acuannya.

"Termasuk soal perdagangan, termasuk Mendag, (Kementerian) BUMN kan nggak jelas itu progresnya. Di tengah pandemi ini juga banyak yang rugi, tim ekonomi presiden juga perlu dievaluasi," jelas dia.

RI Jauh dari Rasa Damai, Haikal Hassan Harap Jokowi Sambut HRS dan SBY Saat Lebaran Nanti

Halaman: 
Penulis : Iskandar
 
×
×