logo


Perusahaan Tak Kunjung Bayar Biaya Kompensasi, Kapal Ever Given Disita Mesir

Otoritas terusan Suez mengatakan bahwa kapal kargo Ever Given akan disita hingga perusahaan bersedia membayar biaya kompensasi senilai US$ 916 juta

14 April 2021 13:30 WIB

Kapal kargo yang terjebak di Terusan Suez
Kapal kargo yang terjebak di Terusan Suez Al Jazeera

KAIRO, JITUNEWS.COM - Kepala Otoritas Terusan Suez (SCA), Osama Rabie, mengatakan bahwa kapal kargo Ever Given tidak akan diijinkan untuk keluar dari Mesir jika pihak perusahaan pemilik kapal, Shoei Kisen Kaisha, tidak segera membayarkan biaya kompensasi yang diajukan oleh pihak pengelola terusan Suez usai kapal tersebut terjebak dan memblokir lalu lintas kargo di kanal tersebut selama enam hari.

"Kapal tersebut saat ini secara resmi disita," kata Rabie, dikutip Al Jazeera.

"Mereka (pihak perusahaan) tidak ingin membayar (kompensasi)," tambahnya.


Presiden Ekuador Minta Komunitas Internasional Tingkatkan Tekanan terhadap Venezuela

Yumi Shinohara, deputy manajer perusahaan Shoei Kisen mengkonfirmasi bahwa pihak pengelola terusan Suez sudah mengajukan klaim biaya kompensasi tapi tidak memberikan rincian yang lebih lanjut.

UK Club, pihak asuransi kapal kargo Ever Given mengatakan bahwa pemerintah Mesir sudah mengajukan klaim kompensasi senilai US$916 juta kepada Shoei Kisen. UK Club mengaku sangat kecewa dengan ditahannya kapal beserta kru hingga kompensasi tersebut dibayarkan.

Seperti diketahui, salah satu kapal kargo terbesar di dunia tersebut terjebak di kanal Suez pada 23 Maret lalu dan diperlukan waktu enam hari bagi pihak pengelola untuk mengevakuasinya serta membuat rantai pasokan perdagangan Asia-Eropa terganggu.

 

Joe Biden Lanjutkan Kembali Proses Penjualan Senjata AS ke Uni Emirat Arab

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia