logo


Bahas Isu Ukraina, Joe Biden Ajukan Rencana Pertemuan dengan Vladimir Putin

Presiden AS Joe Biden menyampaikan kekhawatirannya mengenai meningkatnya situasi ketegangan di perbatasan Ukraina-Rusia

14 April 2021 11:00 WIB

Joe Biden (kiri) dan Vladimir Putin
Joe Biden (kiri) dan Vladimir Putin RT.com

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden AS Joe Biden telah mengajukan rencana untuk menggelar konferensi tingkat tinggi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Biden saat berbicara dengan Putin melalui sambungan telepon pada Selasa (13/4), dimana pada kesempatan tersebut Biden menegaskan bahwa AS akan terus berkomitmen terhadap integritas teritorial Ukraina dan khawatir dengan peningkatan aktivitas militer RUsia di Semenanjung Crimea dan perbatasan Ukraina.

"Presiden Biden juga menjelaskan bahwa Amerika Serikat akan bertindak secara tegas dalam mempertahankan kepentingan nasional guna merespon tindakan Rusia, seperti peretasan siber dan intervensi pemilu AS," kata Gedung Putih dalam pernyataan tertulis, dikutip Reuters.

"Presiden Biden menekankan bahwa Amerika Serikat mempunyai komitmen teguh terhadap kedaulatan dan intergritas teritorial Ukraina. Presiden menyampaikan kekhawatiran mengenai meningkatnya aktivitas militer Rusia secara mendadak di wilayah Crimea dan perbatasan Ukraina, dan meminta Rusia untuk meredakan ketegangan," tambahnya.


Rusia Tangkap Seorang Akademisi yang Dianggap sebagai Mata-Mata NATO

Sebelumnya, beberapa pejabat negara barat mengatakan bahwa Rusia telah menggerakkan ribuan personil pasukan militernya ke wilayah perbatasan dengan Ukraina tahun ini, dimana jumlah personil yang dikerahkan oleh Rusia tersebut jauh lebih besar daripada saat mereka menginvasi Crimea di tahun 2014 lalu.

"Presiden Biden menegaskan kembali tujuannya dalam membangun hubungan dengan Rusia yang stabil dan dapat diprediksi, sesuai dengan kepentingan AS, dan mengajukan rencana pertemuan tingkat tinggi di negara ketiga dalam beberapa bulan ke depan untuk membahas mengenai isu yang dihadapi oleh AS dan Rusia," tandasnya.

 

Terima Kunjungan Dubes Uni Eropa, Menkominfo Bahas Kerja Sama TIK, Pengembangan 5G dan GDPR

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×