logo


5 Aplikasi Media Sosial Mirip Facebook Wajib Coba

Untuk Anda yang bosan dengan suasana di Facebook bisa mencoba lima sosial media ini

13 April 2021 22:13 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Saat ini, Facebook masih menjadi sosial media terbesar dengan jumlah pengguna nya mencapai lebih dari 3 miliar. Angka ini dipastikan akan terus bertambah, mengingat belum ada pesaing yang dapat mengalahkan sosial media rancangan Mark Zuckerberg ini. Beberapa pihak mengembangkan aplikasi media sosial mirip Facebook untuk menyediakan alternatif bagi pengguna yang ingin mencoba hal baru.

Perkembangan teknologi membuat siapapun bisa berkreasi untuk menuangkan idenya. Termasuk untuk mengembangkan media sosial internet dengan konsep yang baru. Untuk Anda yang bosan dengan suasana di Facebook bisa mencoba lima sosial media ini.

Meskipun dari segi fitur mungkin belum terlalu lengkap, namun Anda tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah.


Lima Belas Negara Bagian AS Layangkan Gugatan terhadap Praktek Monopoli Google

5 Aplikasi Media Sosial Mirip Facebook

1. Vero

Sebenarnya, Vero sudah bisa beroperasi sejak tahun 2015 yang lalu. Akan tetapi, pada waktu itu kepopulerannya masih sangat kurang. Sampai akhirnya beberapa waktu yang lalu, terjadi lonjakan jumlah pengguna yang menjadikan Vero semakin populer.

Media sosial Vero dikembangkan oleh pria yang berasal dari Lebanon, Ayman Hariri. Melalui media sosial ini, pengguna bisa melakukan berbagai hal mulai dari berbagi foto, video teks, film dan masih banyak lagi.

Asiknya aplikasi ini, Anda akan terbebas dari iklan dan algoritma yang terkadang mengganggu saat bermain. Ini sangat berbeda jauh dibandingkan Facebook yang sangat konsen terhadap iklan.

2. Ello

Jika dibandingkan, konsep Ello dan Facebook sangat berbeda jauh. Aplikasi Ello hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah mendapatkan persetujuan dari Ello sendiri. Sedangkan Facebook, siapapun bisa mengaksesnya setelah melakukan pendaftaran tanpa harus menunggu persetujuan. Tak heran jika aplikasi ini terkenal sebagai anti-Facebook.

Ello dirancang untuk bisa seperti Twitter dan Tumblr, konsep inilah yang diklaim bakal menggoyahkan dominasi Facebook. Pengguna bisa memposting foto, status, komentar tanpa terganggu oleh iklan-iklan yang ditampilkan.

3. MeWe

Kebebasan dalam bermedia sosial akan terasa saat menggunakan media sosial MeWe. Pengguna bisa dengan mudah berkomunikasi dengan teman ataupun keluarga yang sebelumnya sudah mendaftar.

MeWe memiliki beberapa fitur diantaranya obrolan pribadi dan grup, halaman penggemar, profil anggota khusus dalam sebuah grup dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini menjadikannya sangat mirip dengan Facebook, meskipun dari segi tampilan berbeda.

Seperti media sosial pesaing Facebook lainnya, MeWe juga tidak menampilkan iklan kepada penggunannya. Sehingga pengguna bisa lebih leluasa dalam berkomunikasi dengan orang lain yang ada sedang online.

4. Minds

Untuk urusan kepopuleran, Minds bisa dibilang masih kalah jauh daripada media sosial yang lain. Padahal, konsep yang ditawarkan sangat menarik, Anda bisa lebih mudah berinteraksi dengan pengguna dari seluruh dunia dan bebas mengekspresikan pendapat. Semua pesan yang dikirimkan terenkripsi dengan baik, sehingga keamanan lebih terjaga.

Selain itu, Minds juga menawarkan reward untuk pembuat konten yang populer. Besaran reward yang didapatkan tergantung dari kontribusi Anda dalam mengembangkan komunitas atau pemirsa.

5. Mastodon

Meski baru diluncurkan pada tahun Mastodon, media sosial ini sudah menjadi alternatif Facebook yang bagus. Dalam penggunaannya sangat mudah, pengguna bisa membuat status dengan menambahkan teks maupun foto. Media sosial ini sangat ringan, dan merupakan open-source social network sehingga bisa dikembangkan oleh siapapun.

Mastodon akan menjadi media sosial terdesentralisasi. Dengan begitu, tidak ada satu orangpun yang bisa menguasainya. Data Anda dipastikan akan lebih aman, baik data yang berkaitan dengan diri sendiri maupun minat.

Nah itulah lima aplikasi media sosial mirip Facebook yang bisa Anda coba. Saat baru pertama kali menggunakan, mungkin Anda akan merasakan banyak perbedaan. Disitulah letak keseruan dalam mencoba hal baru termasuk media sosial.

Membuat Website Itu Mudah Loh, Begini Caranya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata