logo


Jokowi dan Budi Gunawan Dinilai Pas Jadi Ketum, Ini Kata PDIP

Nama Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan disebut pas menjadi suksesor Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

13 April 2021 18:30 WIB

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno.
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Nama Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan disebut pas menjadi suksesor Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menyebut suksesi kepemimpinan PDIP di tangan Megawati.

"Orang luar lebih sibuk bicara suksesi di partai kami, dibanding orang dalam. Salah satu sebabnya pasti karena orang dalam sudah paham dengan AD/ART partai kami. Soal suksesi sepenuhnya kewenangan Ketum petahana. Dengan demikian, kader justru bisa fokus untuk melakukan hal-hal lain dan tidak menghabiskan energi untuk menimbang, meminang atau memenangkan kontestasi bagi calon yang diusungnya," kata Hendrawan kepada wartawan, Selasa (13/4).

Hendrawan berbicara mengenai trah Sukarno sangat penting dalam internal PDIP.


Sudah Tak Punya Legalitas, AHY Cabut Gugatan ke 10 Mantan Kader Demokrat

"Setiap organisasi berhadapan dengan dua tantangan besar: membangun integrasi ke dalam, dan membangun adaptasi ke luar (internal integration, external adaptation). Untuk integrasi internal, trah Sukarno sangat vital, karena sekujur ideologi, ruh, dan gerak organisasi partai bersumber pada ajaran-ajaran Bung Karno," ujar Hendrawan.

"Haluan dan derap perjuangan kami diturunkan dan diterjemahkan dari gagasan-gagasan besar dan mendasar dari Bung Karno," lanjutnya.

Hendrawan mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan diluar trah Sukarno bisa ambil bagian di PDIP.

Ngabalin Sebut Reshuffle Kabinet Kemungkinan Minggu Ini

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata