logo


Meski Pandemi Belum Selesai, Direktur WHO: Banyak Alasan untuk Tetap Optimis

Direktur Jenderal WHO menegaskan bahwa aturan protokol kesehatan sangat penting untuk mengurangi jumlah infeksi Covid-19

13 April 2021 13:32 WIB

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus national geographic Indonesia

JENEWA, JITUNEWS.COM - Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa meski situasi pandemi Covid-19 saat ini masih jauh dari kata selesai, namun sebenarnya wabah dapat dikendalikan dalam hitungan bulan jika langkah pencegahan seperti aturan protokol kesehatan masyarakat dapat dijalankan secara maksimal.

"Kami juga ingin melihat masyarakat dan perekonomian kembali dibuka, perjalanan dan perdagangan kembali dilanjutkan," kata Tedros dalam sebuah konferensi pers pada Senin (12/4), dikutip Al Jazeera.

"Tapi saat ini, kapasitas ruang perawatan intensif di banyak negara semakin penuh dan orang-orang tewas, dan ini sebenarnya bisa dihindari," tambahnya.


25 Unit Pesawat Tempur China Kembali Langgar Zona Udara Taiwan

"Pandemi Covid-19 masih jauh dari selesai. Tapi kita masih memiliki banyak alasan untuk tetap optimis. Berkurangnya jumlah kasus infeksi dan kematian dalam dua bulan pertama tahun ini menunjukkan bahwa virus dan variannya dapat dihentikan," lanjut Tedros.

Tedros mengaku kecewa dengan keputusan sejumlah negara yang meski jumlah kasus infeksi Covid-19 masih tinggi, namun mereka masih mengijinkan restoran, bar dan lokasi hiburan malam, seperti diskotik, untuk tetap beroperasi tanpa mewajibkan aturan protokol kesehatan.

"Beberapa orang tampaknya mengambil pendekatan bahwa jika mereka masih muda, tidak masalah jika mereka terkena infeksi Covid-19," ujar Tedros.

Honduras, Guatemala, dan Meksiko Tingkatkan Penjagaan Perbatasan untuk Hambat Aliran Imigran Ilegal ke AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×