logo


Kritik Denwalsus untuk Jaga Prabowo, PKS: Lebih Baik Kawal Guru di Pedalaman

Sukamta menilai bahwa keamanan nasional lah yang saat ini mendesak untuk diperhatikan

13 April 2021 08:00 WIB

Wakil Ketua Fraksi PKS Bidang Polhukam Sukamta
Wakil Ketua Fraksi PKS Bidang Polhukam Sukamta PKS.ID

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Ketua DPP PKS, Sukamta mempertanyakan urgensi pembentukan Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan yang dibentuk untuk mengawal Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan tamu VVIP.

"Sejauh ini saya tidak tahu alasan secara spesifik dibentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kemenhan, selain dikatakan ini bagian dari protokoler. Jika ini bagian dari protokoler apakah harus dalam bentuk unit khusus? Apakah ini sesuatu yang mendesak?" kata Sukamta kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Sukamta menilai bahwa keamanan nasional lah yang saat ini mendesak untuk diperhatikan. Ia lantas menyinggung terkait kasus penembakan guru yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.


Denwalsus Menhan Prabowo Gagah dan Menarik, Jubir: Banggakan Tamu Negara yang Berkunjung

"Saya pikir akan lebih baik jika Kemenhan perhatikan masalah mendesak terkait kondisi keamanan nasional, seperti kasus penyerangan KKB terhadap guru di Papua yang sebabkan 2 orang guru meninggal dunia," ujarnya.

Lebih lanjut, anggota DPR RI itu menilai Denwalsus akan lebih bermanfaat apabila digunakan untuk mengawal tenaga pendidik di daerah pedalaman.

"Saya kira akan lebih baik didahulukan pembentukan detasemen kawal khusus buat para guru yang bertugas di wilayah pedalaman yang rawan secara keamanan," pungkasnya.

Soal Gagasan Jokowi-Prabowo di 2024, Gerindra: Keliru atau Menabrak Aturan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×