logo


Venezuela Akhirnya Punya Uang untuk Dapatkan Vaksin lewat Program COVAX

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki anggaran yang cukup untuk mendapatkan vaksin Covid-19 melalui program COVAX

12 April 2021 14:45 WIB

Presiden Venezuela Nicolas Maduro
Presiden Venezuela Nicolas Maduro istimewa

CARACAS, JITUNEWS.COM - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan bahwa pihaknya saat ini sudah memiliki anggaran yang cukup untuk membayar vaksin Covid-19 melalui program CoVAX.

Pemerintah Venezuela selama berbulan-bulan telah mengatakan bahwa adanya sanksi dari Amerika Serikat telah membuat mereka tidak dapat mengamankan anggaran yang cukup untuk mendapatkan pasokan vaksin Covid-19 melalui program COVAX yang mencapai nilai US$ 120 juta. Namun, pada Sabtu akhir pekan lalu, pemerintah Venezuela sudah mengirimkan US$ 64 juta kepada Aliansi Vaksin GAVI yang berada di bawah payung WHO.

"Kami sudah mengamankan anggaran sisa sehingga kami dapat menyelesaikan (pembayaran) 100 persen kepada sistem COVAX," kata Maduro, dikutip Reuters.


Respons Komunitas Internasional terhadap Myanmar Terhalang Rusia dan China

"Pada saat yang tepat, kami akan mengungkap darimana uang ini berasal," tambahnya.

Jumlah infeksi Covid-19 di Venezuela terus mengalami peningkatan pada beberapa pekan belakangan ini, meski angka tersebut masih relatif lebih rendah daripada sejumlah negara lain. Pada Minggu (11/4), pemerintah melaporkan 173.786 kasus infeksi Covid-19 secara keseluruhan dengan 1.759 kematian.

Sementara itu, Venezuela sejauh ini sudah menerima 750 ribu dosis vaksin Covid-19 yang disuplai oleh beberapa negara aliansi mereka, seperti Rusia dan China. Vaksin-vaksin tersebut diprioritaskan untuk para petugas medis.

Pelaku Serangan Fasilitas Nuklir Iran adalah Israel, Iran Ancam Lakukan Serangan Balasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia