logo


Terkait Peningkatan Aktivitas Militer Rusia, Presiden Ukraina Minta Dukungan Erdogan

Presiden Ukraina dikabarkan menggelar pertemuan dengan Presiden Turki guna membahas mengenai peningkatan aktivitas militer Rusia yang mengancam kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina

12 April 2021 12:30 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Al Jazeera

ISTANBUL, JITUNEWS.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dikabarkan telah berkunjung ke Istanbul pada akhir pekan lalu dan mengadakan pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara menyampaikan kekhawatiran mereka mengenai meningkatnya aktivitas militer Rusia di perbatasan Ukraina.

"Dukungan Turki untuk restorasi kedaulatan dan integritas teritorial kami sangatlah penting," kata Zelenskyy dalam konferensi pers yang digelar usai pertemuan tersebut, dikutip Al Jazeera.

Sementara itu, Erdogan mengatakan bahwa dirinya berharap konflik antara Ukraina dengan kelompok separatis pro-Rusia tersebut diselesaikan secara damai melalui langkah diplomatik sesuai dengan undang-undang internasional.


Intel AS dan Korsel Sebut Kapal Selam Nuklir Korea Utara Sudah Selesai Dibangun

"Tujuan utama kami adalah kawasan Laut Hitam terus menjadi laut yang damai, tenang dan penuh dengan kerja sama," kata Erdogan.

Sehari sebelum bertemu dengan Presiden Ukraina, Erdogan telah berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin melalui sambungan telepon, dimana salah satu topik yang dibahas pada kesempatan tersebut adalah masalah konflik Ukraina.

Pemerintah Rusia mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin menyampaikan kekhawatirannya mengenai tindakan provokatif militer Ukraina terhadap kelompok separatis di wilayah Donbass, Ukraina timur.

Seperti diketahui, meski Turki merupakan negara anggota NATO, namun hubungan bilateral dan kerjasama perdagangan antara Turki dengan Rusia berjalan dengan sangat baik, ditambah hubungan personal antara Erdogan dan Vladimir Putin yang sangat dekat.

Turki Bekukan Rencana Penjualan Helikopter ke Italia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×