logo


Intel AS dan Korsel Sebut Kapal Selam Nuklir Korea Utara Sudah Selesai Dibangun

Sejumlah sumber Yonhap mengatakan bahwa Korea Utara sudah menyelesaikan pembangunan kapal selam berbobot 3 ribu ton yang dapat meluncurkan rudal nuklir balistik

12 April 2021 11:30 WIB

Kapal Selam Korea Utara
Kapal Selam Korea Utara sputniknews

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Intelijen Amerika Serikat dan Korea Selatan mencurigai jika Korea Utara telah menyelesaikan proses perakitan kapal selam berbobot 3 ribu ton dan segera siap untuk diluncurkan. Hal itu dikabarkan oleh kantor berita Korea Selatan Yonhap pada Minggu (11/4).

"Badan intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat telah membuat pernyataan bahwa Korea Utara telah menyelesaikan proses pembangunan sebuah kapal selam dengan berat 3 ribu ton yang pada Juli 2019 lalu mereka umumkan," kata sejumlah narasumber anonim Yonhap, dikutip Sputniknews.

Menurut keterangan salah satu narasumber, kapal selam tersebut nantinya juga akan digunakan oleh Korea Utara dalam meningkatkan tekanan mereka terhadap Amerika Serikat.


Menlu AS Sebut China Sengaja Tutupi Informasi Covid-19

"Otoritas menilai bahwa Korea Utara tengah mengkaji waktu yang tepat untuk meluncurkan kapal selam tersebut sehingga menimbulkan efek strategis, termasuk memaksimalkan tekanan mereka terhadap pemerintah Amerika Serikat," kata seorang narasumber, dikutip Yonhap.

Intelijen AS meyakini jika kapal selam tersebut merupakan kapal selam pertama milik Korea Utara yang dapat mengangkut dan meluncurkan rudal balistik.

AS Ancam Kerahkan Pasukan Tempur Jika China Nekat Serang Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia