logo


AS Ancam Kerahkan Pasukan Tempur Jika China Nekat Serang Taiwan

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa pihaknya sangat khawatir dengan tindakan agresif China di Selat Taiwan

12 April 2021 11:00 WIB

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken Al Jazeera

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Minggu (11/4) mengatakan bahwa Amerika Serikat sangat khawatir mengenai tindakan agresif China terhadap Taiwan. Ia juga memperingatkan bahwa adalah upaya merubah status quo di kawasan Pasifik Barat dengan menggunakan kekuatan tempur adalah sebuah "kesalahan serius".

"Apa yang selama ini kita lihat, dan apa yang menjadi kekhawatiran kami adalah tindakan agresif pemerintah di Beijing terhadap Taiwan yang meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan," kata Blinken dalam sebuah wawancara dengan NBC, dikutip Reuters.

Beijing pada Kamis menuding Amerika Serikat lah yang meningkatkan situasi ketegangan dengan mengirimkan kapal perangnya ke wilayah perairan dekat dengan Taiwan.


Fasilitas Nuklir Iran Rusak Usai Diserang Pihak Tak Dikenal

Sementara itu, Blinken mengatakan bahwa Amerika Serikat merupakan negara sekutu Taiwan dan akan terus memastikan kemampuan Taiwan untuk mempertahankan dirinya di bawah perjanjian bilateral.

Saat ditanya apakah AS akan merespon dengan kekuatan tempur jika China benar-benar menyerang Taiwan, Blinken menjawab: "Semua yang dapat saya beritahukan kepada anda adalah kami memiliki komitmen yang serius terhadap Taiwan....kami juga berkomitmen terhadap keamanan dan perdamaian di Pasifik Barat".

"Kami akan terus berdiri di belakang komitmen tersebut, dan dalam konteks ini, akan menjadi sebuah kesalahan yang serius bagi seseorang untuk mencoba merubah status quo dengan kekuatan tempur," tandasnya.

Menlu AS Sebut China Sengaja Tutupi Informasi Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia