logo


7 Cara Merawat AC Mobil Supaya Awet yang Terbukti Ampuh

Berikut beberapa tips menjaga AC mobil tetap awet

12 April 2021 09:28 WIB

AC Mobil / Kendaraan
AC Mobil / Kendaraan liputan6.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Salah satu faktor yang menentukan kenyamanan penumpang dan pengemudi adalah AC mobil. Oleh karena itu, penting mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil supaya awet. Sehingga, bukan hanya soal mesin saja yang perlu diurus dan dirawat secara rutin. AC juga membutuhkannya untuk memberikan kenyamanan maksimal.

Terlebih lagi kita hidup di Indonesia yang beriklim tropis, sehari-hari cuaca terasa begitu panas. Belum kemacetan di jalan raya yang tidak bisa dihindarkan, apabila AC bermasalah pasti membuat kesal.

Bicara soal cara merawat AC mobil supaya awet, ternyata tidak harus pergi ke bengkel lho. Daripada kebanyakan basa-basi, berikut pembahasan selengkapnya yang perlu Anda ketahui.


Dampak Covid-19: Indonesia International Motor Show 9 – 19 April 2020 Ditunda

1. Membersihkan Kabin Mobil

Sudah menjadi kewajiban pemilik mobil untuk memperhatikan dan menjaga kebersihan kabin mobil atau interior, bukan hanya kemulusan bodi luar saja. Sebab, kabin yang penuh debu dan kotoran bisa tersirkulasi masuk ke dalam filter AC. Kalau sudah begini, performa AC untuk mendinginkan ruangan bisa terganggu.

Seiring berjalannya waktu, kinerja AC yang terganggu menyebabkan kabin sulit dingin. Nah, mulai sekarang perhatikan baik-baik kondisi kabin mobil ya.

2. Tidak Terlalu Sering Membuka Jendela

Kesalahan sepele lain yang bisa berdampak besar terhadap kondisi AC Mobil adalah menyalakan dan membuka jendela sekaligus. Penting diketahui, bahwasannya AC mobil tidak dirancang mendinginkan ruangan besar, melainkan ruangan kecil.

Ketika jendela mobil terbuka, maka suhu dingin didalamnya terbuang sia-sia. Karena sudah mengerti, sekarang pastikan AC mobil dinyalakan ketika jendela tertutup.

3. Jangan Merokok di Dalam Mobil

Sebisa mungkin Anda tidak merokok ketika sedang berada di dalam mobil. Namun apabila tidak mampu, maka merokok boleh-boleh saja. Syaratnya adalah merokok dan mematikan AC Mobil, jangan lupa untuk membuka jendela.

Dengan demikian, nikotin dan asap rokok tersirkulasi keluar, tidak menempel pada kabin mobil. Selain itu, hal ini juga menghindari menempelnya sisa rokok di kabin mobil yang pastinya berbahaya bagi penumpang dan pengemudi.

4. Membersihkan Kondensor AC Mobil

Cara merawat AC mobil supaya awet berikutnya adalah membersihkan kondensor secara rutin. Ketika sedang mencuci mobil, buang kotoran dan debu yang menempel, pastikan sampai benar-benar bersih. Sebab, keduanya bisa menyebabkan korosi dan kebocoran.

5. Membersihkan Bagian Filter Kabin

Seringkali kita lupa untuk membersihkan dan merawat filter kabin. Padahal ini juga tidak kalah penting lho. Apabila memang sudah direkomendasikan mengganti oleh bengkel, sebaiknya ganti filter kabin secara rutin.

6. Tidak Mematikan AC Terlalu Lama

Sebagian besar pemilik mobil percaya bahwasannya menghidupkan AC adalah bentuk pemborosan bahan bakar. Sehingga, mereka memutuskan untuk tidak memakai AC mobil dalam jangka waktu yang relatif lama. Alih-alih menghemat, anggapan seperti itu justru bisa mempercepat kerusakan AC.

Ketika lama tidak digunakan, belt dan selang AC akan mengering, karena cepat getas. Untuk menghindarinya, silahkan pemanasan AC minimal 10 menit seminggu sekali. Sehingga, semua sistem AC dapat berfungsi dengan baik.

Lebih bagus lagi apabila Anda tetap rutin menggunakan AC mobil. AC mobil yang dipakai secara rutin membuatnya tidak mudah getas dan awet.

7. Service Rutin

Terakhir, service AC mobil secara berkala maksimal enam bulan sekali. Jangan sampai lebih dari itu, karena membuat usia AC mobil semakin pendek. Segera ganti parts sistem AC yang sudah rusak. Perawatan yang baik semacam ini bisa membuat AC bekerja maksimal untuk waktu lama.

Baiklah, mungkin cukup sampai disini dahulu pembahasan mengenai lima cara merawat AC mobil supaya awet. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

Jadi Barang Sitaan Kasus Korupsi Jaksa Pinangki, Intip Istimewanya BMW X5

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia