logo


Denwalsus Menhan Prabowo Gagah dan Menarik, Jubir: Banggakan Tamu Negara yang Berkunjung

tugas Denwalsus tidak hanya menyambut tamu-tamu kerhormatan tapi juga melakukan tugas pengamanan di lingkungan Kemenhan.

12 April 2021 09:20 WIB

Prabowo Subianto
Prabowo Subianto Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahil Anzar Simanjuntak membeberkan tugas Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan, salah satunya yakni mengawal Menhan Parbowo Subianto. Ia juga mengatakan bahwa ada kriteria khusus anggota Denwalsus yakni gagah , kuat dan menarik.

"Bedanya memang sejak Pak Prabowo menjadi Menteri Pertahanan, beliau meminta kepada Mabes TNI, kemudian angkatan, agar menyediakan pasukan jajar kehormatan yang representatif dari personal TNI. Artinya personal militer Indonesia. Artinya mereka kelihatan gagah, kemudian secara fisik merepresentasikan prajurit-prajurit yang kuat dan sebagainya," kata Dahnil dalam keterangan resminya, Senin (12/4/2021).

"Sehingga ketika upacara jajar kehormatan, para tamu-tamu melihat sosok-sosok militer Indonesia itu mumpuni dengan personel-personel yang bugar dan kemudian menarik. Sehingga kemudian Mabes TNI, angkatan, menyediakan personel-personel yang sesuai dengan permintaan Pak Prabowo tersebut sebagai Menteri Pertahanan," sambungnya.


Jokowi dan Prabowo Jadi Saksi Nikah Atta-Aurel, PKS: Kualitas Kepemimpinan Kita

Bukan tanpa alasan, pemilihan anggota Denwalsus tersebut dilakukan untuk menghargai tamu-tamu negara yang datang ke Indonesia. Ia menyebut Prabowo juga kerap disambut pasukan jajar kehormatan atau Denwalsus ketika mengunjungi Kemenhan negara lain.

"Oleh sebab itu kita juga ingin menampilkan pasukan jajar militer atau jajar kehormatan yang representatif dan membanggakan kita ketika tamu-tamu negara itu berkunjung," ujar Dahnil.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tugas Denwalsus tidak hanya menyambut tamu-tamu kerhormatan tapi juga melakukan tugas pengamanan di lingkungan internal Kemenhan.

"Kemudian apakah mereka kemudian melakukan pengamanan internal atau bertugas melakukan pengamanan internal di Kemhan karena namanya Denwalsus. Ya, sebagian mereka bertugas secara rutin di Kementerian Pertahanan sesama dengan pejabat-pejabat Kementerian Pertahanan, baik itu dirjen, direktur, dan sebagainya, sampai dengan staf, yang kebanyakan berasal dari Mabes TNI dan 3 angkatan," bebernya.

"Jadi pasukan Denwalsus diberikan nama Denwalsus ini tugas utama mereka itu adalah tugas-tugas protokoler, kemudian terlibat dalam penyambutan tamu-tamu kehormatan yang datang di Kementerian Pertahanan, kemudian juga melakukan pengamanan internal di Kementerian Pertahanan," pungksanya.

Prabowo Sepakati Kerja Sama Militer Indonesia-Korsel

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati