logo


Rahasia Hiu Salmon Punya Kecepatan "Turbo" Terkuak !!!

Hiu salmon sangat mirip dengan tuna, ia dapat berenang lebih cepat 2,5 kali dibanding dengan ikan lainnya

30 April 2015 12:06 WIB


AMERIKA SERKAT, JITUNEWS.COM - Sebuah penelitian telah mengungkapkan, bahwa beberapa spesies ikan hiu salmon dapat berenang dua kali lebih cepat dibanding dengan ikan lainnya, kecepatannya hampir mirip dengan ikan tuna. 

Tim yang dipimpin oleh Yuuki Watanabe dari National Institute of Polar Research, Jepang, telah melacak 15 ikan hiu salmon yang kebanyakan mendiami laut Alaska, dengan menambahkan sensor ke sirip punggung mereka. "Sensor ini memiliki timer yang akan terlepas secara otomatis setelah 2 hingga 4 hari. Kemudian akan mengapung ke permukaan laut," ungkap Watanabe, yang dirilis oleh Akademi Sains Nasional (PNAS) Amerika Serikat pada, April 2015.

Lebih lanjut dikatakan, jika beberapa spesies seperti hiu salmon dan juga tuna memiliki sesuatu yang sangat istimewa di dalam tubuh mereka. Sebelumnya, untuk waktu yang cukup lama, para ilmuwan telah mengetahui bahwa beberapa spesies ikan berdarah dingin dalam tubuhnya. Namun itu berbeda untuk spesies hiu salmon yang mendiami lautan dingin Alaska. 


Wow Ada Pepes Ikan Nuklir?

"Hiu salmon dan juga tuna dapat meningkatkan suhu tubuh mereka hingga 20 derajat dibandingkan dengan air di sekitarnya," papar Watanabe. 

Namun, tambah Watanabe, para ilmuwan tidak mengerti mengapa itu bisa terjadi, apakah mereka memelihara kehangatan tubuh itu dengan banyak makanan?. Sekarang, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa ikan mempunyai kemampuan berevolusi, yang memungkinkan mereka dapat berenang lebih cepat dibanding ikan lainnya. Dengan demikian, mereka dapat bermigrasi lebih cepat setiap tahun dibanding ikan berdarah dingin dengan ukuran yang sama.

Untuk pertama kalinya, tim yang dipimpin Watanabe ini berhasil menganalisis kecepatan berenang beberapa spesies hiu salmon. Mereka menemukan keuntungan yang signifikan, bahwa ikan ini bisa berenang dengan rata-rata 2,5 kali lebih cepat daripada rekan-rekan berdarah dingin mereka. "Itu adalah kecepatan jelajah mereka, bukan kecepatan maksimum mereka saat berburu mangsa," tegas Watanabe. 

Tim ilmuwan ini kemudian membandingkan data kecepatan berenang ikan tuna yang telah dirilis sebelumnya, dengan memperhitungkan suhu tubuh, ukuran tubuh dan bagaimana spesies tersebut saling berhubungan. 

"Hasilnya, suhu tubuh hangat hiu salmon adalah contoh evolusi konvergen," kata Watanabe. 

Tuna sendiri adalah ikan yang bertulang, dan sangat mirip dengan hiu salmon, yang memiliki kerangka tulang rawan. Keduanya berpisah dari nenek moyang yang sama lebih dari 450 juta tahun yang lalu. "Kita tidak tahu banyak tentang nenek moyang yang sama ini, tapi itu kemungkinan besar juga berdarah dingin," ungkap Watanabe. 

Sementara itu, ilmuwan laut dari Universitas St. Andrews, Inggris, Yannis Papastamatiou mengatakan, jika hiu salmon dan tuna telah berevolusi secara terpisah dalam kapasitasnya untuk menghangatkan darah mereka. 

"Ketika kita melihat spesies hiu lain dan kelompok lain saling berkaitan erat, mereka sesungguhnya tidak memiliki kemampuan untuk meningkatkan suhu tubuhnya," kata Yannis kepada BBC Earth.

"Mereka pada dasarnya berkembang dengan adaptasi yang sama secara independen, karena mereka secara selektif berada di bawah jenis tekanan yang sama," papar Yannis. 

Tuna dan spesies hiu salmon cenderung memiliki bentuk tubuh yang mirip. Mereka juga bisa baik berenang dengan sangat cepat dan untuk jarak yang sangat jauh."Sebuah manfaat yang luar biasa dari biaya pemanasan tubuh mereka," pungkas Yannis. 

Berbagai sumber

Petani Sawit Dihimbau Beli Bibit Bersertifikat

Halaman: 
Penulis : Tommy Ismaya
 
×
×