logo


Waskita Karya Rugi Triliunan, Mantan Wasekjen MUI: Pastinya Bukan FPI yang Tanggung Jawab

Zul menyindir pihak-pihak yang selalu mengaitkan FPI dengan persoalan negara.

11 April 2021 13:01 WIB

istimewa
istimewa twitter @tengkuzulkarnain

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ustaz Tengku Zulkarnain menyayangkan sepak terjang PT Waskita Karya yang jauh dari harapan Presiden Joko Widodo. Pasalnya, perusahaan BUMN itu kini merugi hingga triliunan rupiah.

“Banyak dapat tugas dari Pak Jokowi, Waskita Karya malah rugi 7 trilyun, dengan beban utang 90 trilyun ditambah bunga 4,7 trilyun. Kini digugat pailit pula oleh vendor,” cuitnya lewat akun Twitter @ustadtengkuzul, dikutip Minggu (11/4).

Mantan Wasekjen MUI itu lantas menyindir pihak-pihak yang kerap mengaitkan FPI dengan persoalan negara. Menurutnya, kondisi PT Waskita Karya yang kurang baik ini murni hasil kerja para pejabat.


Said Didu Sebut Erick Thohir Panen Proyek Mangkrak, Stafsus BUMN Balas Ini

“Siapa yang bertanggung jawab? Pastinya bukan FPI atau siapapun yang dituduh Radikal. Ya kan?” tandasnya.

Sebelumnya, Dirut PT Waskita Karya, Destiawan Soewardjono membeberkan kondisi perseroan yang tengah menanggung beban bunga utang yang cukup tinggi.

Pada tahun 2020, perseroan mencatat kerugian sebesar Rp 7,28 triliun, kebalikan dari tahun sebelumnya laba Rp 872 miliar. Kondisi ini kian dipeberat dengan liabilitas sebesar Rp 89,01 triliun dan beban bunga utang sebesar Rp 4,7 triliun.

Upaya perseroan untuk menekan beban bunga sebenarnya sudah dilakukan, seperti mendivestasi 5 ruas tol yang dikelola Waskita. Akan tetapi, investor menunda rencana pembelian dengan alasan pandemi Covid-19.

"Akibat pandemi ini tahun 2020 harusnya ada 5 ruas yang kami divestasi tapi kami gagal karena para investor menunda," kata Destiawan dalam webinar, Kamis (8/4).

PT Pelni Diminta Buktikan Penceramah Berpaham Radikal, Waketum MUI: Saya Belum Bisa Terima Ini!

Halaman: 
Penulis : Iskandar