logo


Gempa Jawa Timur Bukan Bencana Nasional, Menko PMK Minta Pemda yang Tangani

Muhadjir memastikan bakal turun ke lapangan memeriksa dampak yang timbul akibat gempa.

11 April 2021 09:28 WIB

Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy kemenkopmk.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy telah  memerintahkan BNPB untuk memonitor dan mengawasi dampak gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,1 yang terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Saya sudah kontak terus dengan Kepala BNPB Pak Doni Monardo kemudian saya juga menugaskan Deputi Kemenko PMK bidang kebencanaan untuk mendata memantau perkembangan gempa," ucap Muhadjir di sela kunjungannya di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, pada Sabtu malam, (10/4).

Muhadjir menegaskan akan terus memantau perkembangan dari dampak gempa. Dia juga menyampaikan akan turun ke lapangan memeriksa dampak yang timbul akibat gempa.


Masjid Istiqlal Gelar Salat Tarawih Berjamaah, Menko PMK: Tapi Masih Sangat Terbatas

"Saya stand by sambil berkoordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait, dan akan segera turun ke lapangan. Kita lihat dulu perkembangannya," ucapnya.

Menko Muhadjir mengatakan, bencana gempa bumi di Jawa Timur ini belum menjadi bencana nasional. Karena itu, dia meminta agar pemerintah daerah dapat menangani dampak kerusakan yang terjadi.

Pemerintah pusat, kata Menko PMK, juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi terkait penanganan pasca bencana gempa.

"Karena itu saya sarankan bencana gempa di selatan Jawa Timur ini cukup dihandel oleh masing-masing daerah, dan nanti akan saya koordinasikan," pungkasnya.

Gempa Malang Benar-benar Kuat, Via Vallen: Kayak Naik Kapal yang Kena Ombak

Halaman: 
Penulis : Iskandar