logo


Inggris Akan Tampung Dubes Myanmar yang Terusir dari Kantornya

Kyaw Zwar Minn, Duta Besar Myanmar untuk Inggris, diusir keluar dan tidak diijinkan masuk ke dalam kantor kedubes Myanmar oleh sejumlah diplomat pro-junta militer

10 April 2021 14:11 WIB

Kyaw Zwar Minn, Dubes Myanmar untuk Inggris
Kyaw Zwar Minn, Dubes Myanmar untuk Inggris CNA

LONDON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Inggris mengatakan bahwa pihaknya bersedia menampung Duta Besar Myanmar di London usai dirinya ditolak masuk ke dalam gedung kedutaan besar Myanmar oleh sejumlah diplomat pro-junta militer.

Kyaw Zwar Minn, pada Kamis (8/4) telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Inggris untuk wilayah Asia Nigel Adams, usai Kedutaan Besar Myanmar mengatakan bahwa mereka tidak lagi mengakui Kyaw Zwar Minn sebagai duta besar karena menentang aksi kudeta.

"Saya sangat menghargai keberanian dan jiwa patriotisme-nya. Kami akan mendukungnya dan memastikan keamanannya di Inggris," kata Adams dalam sebuah postingan Twitter.


Terbukti Lakukan Monopoli, China Jatuhkan Denda $2,78 Miliar kepada Alibaba

Pemerintah Inggris sendiri sebelumnya sudah mengecam tindakan pengusiran terhadap duta besar Myanmar tersebut, dimana ia terpaksa tidur di dalam mobil saat para pendemo anti junta militer Myanmar menggelar aksi protes di luar gedung.

"Mengingat tindakan perundungan terhadap Mr Minn, kami berupaya memastikan agar ia dapat tinggal dengan aman di Inggris, sementara dirinya mengambil keputusan terkait masa depannya," kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris.

"Kami akan terus meminta agar aksi kudeta di Myanmar untuk dihentikan dan pengembalian demokrasi," tambahnya.

Kunjungan Perwakilan PBB ke Myanmar Ditolak Junta Militer

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia