logo


Situasi Perbatasan Ukraina-Rusia Memanas, AS Kirim Kapal Perang ke Laut Hitam

Seorang pejabat Kemenlu Turki mengatakan bahwa AS telah mengirimkan kapal perangnya ke Laut Hitam untuk beroperasi di wilayah tersebut hingga 4 Mei mendatang

10 April 2021 12:20 WIB

Kapal Induk militer AS Theodore Roosevelt
Kapal Induk militer AS Theodore Roosevelt istimewa

ANKARA, JITUNEWS.COM - Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Turki yang tidak disebut namanya pada Jumat (9/4) memberitahu media Rusia, TASS, bahwa pihaknya sudah menerima sebuah notifikasi dari Washington jika dua unit kapal perang AS, USS Roosevelt dan USS Donald Cook, akan melewati Selat Bosporus untuk menuju ke Laut Hitam.

Sumber anonim itu mengatakan bahwa kapal perang AS akan tetap berada di wilayah perairan yang dekat dengan perbatasan Ukraina-Rusia tersebut hingga 4 Mei mendatang.

Seperti diketahui, situasi konflik di wilayah timur Ukraina antara pasukan militer pemerintah melawan pasukan kelompok separatis di Donbass yang mendapat dukungan dari Rusia, sedang memanas. Terlebih, Rusia juga sudah menyiapkan personil militer lengkap dengan peralatan tempur dalam jumlah masif ke wilayah perbatasan.


Rusia Tak Akan Tinggal Diam jika Ukraina Serang Kelompok Separatis Pro-Moskow

Juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov menagatakan bahwa situasi konflik di Ukraina saat ini masih sangat tidak stabil.

"Dinamika perkembangan konflik negara, dan sikap pihak Ukraina, telah menciptakan potensi bahaya terjadinya pertempuran skala besar," katanya, dikutip RT.com.

Sementara itu, pada bulan Februari lalu pemerintah Rusia sudah memperingatkan kepada AS untuk tidak mengirimkan armada kapal perangnya ke Laut Hitam dimana hal tersebut hanya akan memperburuk stabilitas kawasan dan memicu terjadinya bencana.

 

Langgar Aturan Protokol Kesehatan, PM Norwegia Didenda Rp 35 Juta

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia