logo


Langgar Aturan Protokol Kesehatan, PM Norwegia Didenda Rp 35 Juta

PM Norwegia harus membayar denda hingga Rp 35 juta usai kedapatan menggelar acara pesta di sebuah restoran dimana hal itu melanggar aturan protokol kesehatan Covid-19.

10 April 2021 11:56 WIB

PM Norwegia Erna Solberg
PM Norwegia Erna Solberg istimewa

OSLO, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg, harus membayar sanksi denda hingga 20 ribu kroner atau setara dengan Rp 35 juta karena melanggar aturan pembatasan sosial atau sosial distansing saat dirinya kedapatan menggelar sebuah pesta perayaan ulang tahunnya dengan sejumlah anggota keluarga dan kerabat dekatnya pada akhir Februari lalu.

Laporan mengenai pesta ultah tersebut pertama kali dirilis oleh pihak media lokal, sehingga kepolisian setempat segera melakukan investigasi.

Pemimpin pemerintahan Norwegia tersebut sebenarnya sudah beberapa kali menyampaikan permintaan maafnya terkait penyelenggaraan acara perayaan ultah ke-60 di sebuah restoran. Ia mengakui bahwa acara yang ia gelar sudah melanggar aturan sosial distancing dan bersedia membayar sanksi denda yang dijatuhkan kepadanya.


Hubungan Bilateral AS-Rusia Memburuk, Rakyat AS Rugi $715 Miliar

"Saya ingin sampaikan sekali lagi bahwa saya meminta maaf karena telah melanggar aturan (protokol kesehatan) Covid-19," kata Erna Solberg pada Jumat (9/4), dikutip The Guardian.

"Saya akan menerima sanksi tersebut dan membayarnya," tambahnya.

Meski pihak kepolisian sejauh ini tidak memberitahukan kepada masyarakat terkait ancaman sanksi bagi pelanggar aturan sosial distancing di Norwegia, namun kepala kepolisian Norwegia, Ole Saeverud, mengatakan bahwa sanksi denda tersebut dijatuhkan untuk menjaga tingkat kepercayaan publik terhadap aturan pembatasan sosial yang berlaku.

"Solberg adalah seorang pemimpin negara dan ia berada di garis depan dari aturan pembatasan yang diberlakukan untuk menekan laju penyebaran virus," kata Saeverud, dalam konferensi pers.

Rusia Tak Akan Tinggal Diam jika Ukraina Serang Kelompok Separatis Pro-Moskow

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia