logo


Hubungan Bilateral AS-Rusia Memburuk, Rakyat AS Rugi $715 Miliar

Juru bicara Kemenlu Rusia menilai memburuknya hubungan bilateral AS-Rusia hanya akan menyebabkan kerugian yang ditanggung oleh rakyat AS

10 April 2021 10:41 WIB

Joe Biden dan Vladimir Putin
Joe Biden dan Vladimir Putin bbc

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Jumat (9/4) mengatakan bahwa memburuknya hubungan bilateral Rusia dan Amerika Serikat akan menyebabkan masyarakat AS mengalami kerugian hingga $715 miliar. Hal tersebut ia sampaikan untuk menanggapi langkah Presiden AS Joe Biden yang mengajukan proposal peningkatan anggaran untuk sektor pertahanan.

Gedung Putih mengatakan bahwa permintaan peningkatan anggaran sebesar $715 miliar yang sudah diajukan oleh Joe Biden kepada pihak Kongres tersebut nantinya akan dimanfaatkan oleh Pentagon untuk meningkatkan kemampuan pertahanan AS dalam menghadapi sejumlah isu global, termasuk menghadapi ancaman Rusia dan China.

"Gedung Putih sudah mengumumkan harga untuk Russophobia (ketakutan terhadap Rusia) dan Sinophobia (ketakutan terhadap Cina). Memutus hubungan dengan Rusia dan China hanya akan menambahkan beban terhadap warga pembayar pajak di AS sebesar $715 Miliar, mengingat hutang pemerintah AS yang semakin meningkat hingga $26,9 Triliun pada September 2020 lalu," kata Zakharova dalam postingan Facebook.


Serangan Ukraina terhadap Kelompok Separatis Pro-Moskow Terpaksa Ditunda

Kurang dari satu bulan sebelum proposal Joe Biden tersebut muncul, intelijen AS diketahui telah merilis sebuah laporan yang menuding Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan instruksi kepada Kremlin untuk menggelar sejumlah operasi sebagai upaya mempengaruhi elektabilitas Joe Biden dalam pemilu AS 2020.

Pemerintah Rusia menegaskan bahwa laporan tersebut "sangat tidak berdasar", dimana klaim tersebut hanya dijadikan pembenaran bagi AS untuk menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa pihaknya sama sekali tidak berupaya ikut campur dalam proses pemilu AS, dan kebijakan sanksi AS terhadap Moskow hanya akan membuat hubungan bilateral kedua negara semakin memburuk.

Israel Klaim Iran Lakukan Uji Coba Peluncuran Rudal Nuklir Balistiknya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×