logo


Berbagi Pengalaman, Sandiaga Uno: Bisnis Terbaik Itu Dimulai Saat Krisis

Sandiaga membangun bisnis saat krisis keuangan Asia pada 1997.

10 April 2021 08:00 WIB

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno Riaumandiri.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menparekrat Sandiaga Uno menyebut bisnis yang baik dimulai saat krisis melanda. Sandi menceritakan perjalanannya memulai jasa konsultan keuangan.

Dia mengungkapkan bisnisnya itu didirikan saat krisis keuangan Asia pada 1997 silam.

"Biasanya, bisnis terbaik itu dimulai saat krisis. Saya memulai bisnis saat Asia financial crisis. Akhirnya dengan usaha yang kami bangun hanya 3 orang yaitu satu biro konsultan keuangan yang sederhana saat itu," ujar Sandiaga Uno saat acara BNI Creativepreneur Conference 2021, Jumat (9/4).


Sekadar Minta Orang Nyumbang Duit, Rocky Gerung Sebut Sandiaga Uno Nggak Kreatif

Menurutnya, inovasi menjadi faktor yang paling menentukan kesuksesan sebuah bisnis.

"Saat krisis itu kami melakukan inovasi, hingga akhirnya menjadi salah satu perusahaan investasi yang membuka lapangan kerja bagi 30.000 karyawan di seluruh Indonesia," imbuhnya.

Berkaca dari pengalaman itu, Sandi menuturkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia juga bisa digerakkan dalam masa krisis kali ini melalui inovasi.

Sandi menilai orang yang memiliki inovasi bisa memecah kebuntuan dalam situasi sesulit apapun.

"Justru mereka mampu untuk membuka peluang dan mencetak pemenang. Saya lihat Pariwisata memang jeblok lah. Tapi kita harus merubah satu kesulitan menjadi peluang,” kata dia.

“Nah saya lihat ini sebagai satu kesempatan sektor pariwisata dan leisure untuk melakukan inovasi, dan siapa yang melakukan? Para pelaku ekonomi kreatif," tegasnya.

Menko PMK: Mudik Ditiadakan, Usaha Harus Tetap Berjalan

Halaman: 
Penulis : Iskandar