logo


Tegaskan Royalti Musik Telah Berlaku Sejak Lama, Pongki: Percuma Dikontroversikan Lagi

Pongki mengaku sudah merasakan manfaat dari adanya royalti musik yang dibayarkan oleh hotel, kafe, dan tempat umum lainnya.

9 April 2021 19:12 WIB

Pongki Barata
Pongki Barata ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Musisi sekaligus pencipta lagu Pongki Barata turut menanggapi Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik. Menurutnya, PP tersebut tidak perlu diperdebatkan lagi.

Sebagai musisi ia sangat mendukung PP No 56 Tahun 2021 tersebut. Ia mengatakan bahwa royalti musik sebenarnya sudah berlangsung sejak lama.

"Saya mendukung sekali, PP 56 Tahun 2021 karena ini adalah cara pemerintah untuk membantu para seniman terutama pencipta lagu ketika karyanya, karya ciptanya, digunakan di tempat umum," ujar Pongki seperti dilansir detikcom, Jumat (9/4/2021).


Minta Aturan Pelanggar Royalti Lagu Diperjelas, Dede Yusuf: Bukan Soal Memenjarakan, Tapi...

"Kontroversi atau tidak, sudah biasa ya bukan hal baru. Tentunya yang mendukung akan mendapat manfaat, yang tidak mendukung tidak mendapat manfaat. Kalau menurut saya, sesederhana itu," sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengaku sudah merasakan manfaat dari adanya royalti musik yang dibayarkan oleh hotel, kafe, dan tempat umum lainnya.

"Jangan lupa bahwa ini sudah berjalan, bukannya baru akan dilaksanakan, sudah berjalan selama 20 tahunan kurang lebih dan saya sudah merasakannya, jadi saya rasa ini bukan sesuatu yang harus diperdebatkan lagi," jelasnya.

"Kalau untuk penagihan kafe dan juga hotel sebenarnya itu sudah berjalan sejak puluhan tahun lalu, diperjuangkan oleh senior-senior kita. Jadi kalau untuk angle itu sebenarnya percuma kalo mau dikontroversikan lagi," pungkasnya.

Nyanyi Lagu Orang Harus Bayar Royalti, Politikus PDIP: Tidak Masuk Akal Sama Sekali

Halaman: