logo


Anies Bolehkan Buka Puasa Bersama di Tempat Umum, Tapi Tidak di Masjid

Anies sebut masjid adalah tempat yang harus dikunjungi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

9 April 2021 15:28 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan  mengizinkan warga DKI mengelar buka puasa bersama di tempat umum dengan kapasitas 50%. Akan tetapi, ia tidak menyarankan masyarakat menggelar buka atau sahur bersama di masjid. Pasalnya, kata Anies, warga akan membuka masker di masjid. Padahal masjid adalah tempat yang harus dikunjungi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Adapun tadi seperti nanti di bulan suci Ramadhan ini nanti ada aktivitas ifthar (buka puasa), ada aktivitas sahur, kami menganjurkan untuk tidak dilakukan di masjid," kata Anies di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/4/2021).

"Mengapa? Supaya selama berada di masjid tidak ada kebutuhan membuka masker, begitu ada kegiatan ifthar, begitu ada kegiatan sahur maka harus buka masker. Karena itulah penggunaan tempat ibadah masjid untuk aktivitas ibadah bisa menjalankan dengan menaati protokol kesehatan, menghindari kerumunan," lanjutnya.


Cegah Korupsi di DKI, Anies Baswedan: Tingkatkan Pendapatan Sehingga Kebutuhan Tertutup

Meski demikian, Anies mengizinkan warga melakukan tadarus Alquran di masjid. Sekali lagi, ia mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Sebetulnya bukan pada tadarusnya, tapi jangan buka maskernya, jaga jarak. Itu yang paling penting. Jadi aktivitas beribadah sesungguhnya bisa tetap dijalankan, yang penting tidak melanggar prokes," pungkasnya.

 

DKI Bangun Tugu Sepeda, PDIP: Lebih Baik Fokus Jadi Gubernur daripada Terkesan Seperti Vlogger

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×