logo


Menlu AS Yakini Pernyataan Joe Biden tentang Putin Sesuai dengan Pendekatan Pragmatis Politik

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa pernyataan Joe Biden yang menyebut Vladimir Putin sebagai pembunuh sudah sesuai dengan pendekatan pragmatis politik

9 April 2021 15:00 WIB

Joe Biden (kiri) dan Vladimir Putin (kanan)
Joe Biden (kiri) dan Vladimir Putin (kanan) istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan bahwa pernyataan Joe Biden yang meyakini jika Presiden Rusia Vladimir Putin adalah seorang pembunuh merupakan sebuah sikap "pragmatis politik".

"Presiden (Joe Biden) sangat jelas melihat dua hal; yakni ia perlu mengadili Rusia atas semua tindakan permusuhan dan sikap sembrono yang sudah mereka lakukan, sementara (di sisi lain) tetap membuka peluang kerja sama di sejumlah sektor yang saling menguntungkan dengan Rusia," kata Blinken kepada Washington Post, dikutip Sputniknews.

Seperti diketahui, seorang reporter ABC sempat menanyakan kepada Joe Biden apakah dirinya meyakini jika Vladimir Putin adalah seorang pembunuh, Joe Biden menjawab: "Ya, saya pikir demikian."


Menlu Turki Tak Terima Erdogan Disebut sebagai Diktator oleh PM Italia

Meski begitu, Joe Biden berulang kali menegaskan bahwa dirinya membuka diri untuk bekerja sama dengan Rusia di sejumlah sektor yang sesuai dengan kepentingan nasional Amerika Serikat.

Pernyataan Joe Biden tersebut membuat Rusia geram. Presiden Vladimir Putin menegaskan bahwa dirinya ingin menggelar pertemuan dengan Presiden Joe Biden secara online untuk mengklarifikasi pernyataan tersebut, guna mencegah hubungan bilateral kedua negara semakin rusak.

"Saya ingin menawarkan kepada Biden jika kita akan melanjutkan diskusi, tapi dengan syarat kita melakukannya secara langsung, online, tanpa ada delay," kata Putin

Iran Bakal Balas Pelaku Serangan terhadap Kapal Kargonya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia