logo


Iran Bakal Balas Pelaku Serangan terhadap Kapal Kargonya

Juru bicara militer Iran mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan investigasi untuk mengungkap pelaku penyerangan kapal kargo Saviz di Laut Merah.

9 April 2021 14:14 WIB

Kapal Saviz milik Iran
Kapal Saviz milik Iran Times of Israel

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Juru bicara angkatan bersenjata Iran Mayor Jenderal Abu Al Fadel Shkarji mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan tindakan balasan terhadap pelaku serangan atas kapal milik Iran, Saviz, di Laut Merah.

"Kami perlu memahami sumber insiden. Jika kami berhasil mengungkap pelaku serangan terhadap kapal tersebut, kami tentu saja akan merespon, dan kami tidak akan pernah tinggal diam," kata Abu Al Fadel kepada Sputniknews.

Ia menambahkan bahwa saat ini pihaknya tengah menggelar proses investigasi terkait serangan yang dialami oleh kapal Iran tersebut.


Perdana Menteri Italia Sebut Erdogan sebagai Diktator

"Tapi kami tidak dapat mengambil keputusan terkait apa yang akan kami lakukan hingga proses investigasi sudah kami simpulkan secara akurat," tegasnya.

Meski demikian, ia juga meyakini jika serangan tersebut dilakukan oleh Amerika Serikat atau Israel, atau aliansinya di Timur Tengah.

Sebelumnya, Al Arabiya melaporkan bahwa sebuah kapal milik pasukan garda revolusi Iran (IRGC) yang beroperasi di Laut Merah, Saviz, telah diserang di dekat wilayah perairan Eritrea. Media Iran, Tasnim, menambahkan jika bagian lambung kapal tersebut telah terkena ledakan ranjau.

Selama beberapa tahun terakhir, kapal kargo Saviz telah terlibat dalam kegiatan pengamatan dan kegiatan pendukung kapal perang Iran. Sebagai gantinya, kapal tersebut biasa mendapat pengawalan dari pasukan militer Iran untuk mengamankannya dari serangan bajak laut.

Menlu Turki Tak Terima Erdogan Disebut sebagai Diktator oleh PM Italia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia