logo


Menlu Turki Tak Terima Erdogan Disebut sebagai Diktator oleh PM Italia

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu mengecam pernyataan PM Italia Mario Drughi yang menyebut Presiden Recep Tayyip Erdogan sebagai diktator

9 April 2021 13:52 WIB

Menlu Turki Mevlut Cavusoglu
Menlu Turki Mevlut Cavusoglu The Greek Observer

ANKARA, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Kamis (8/4) mengecam pernyataan Perdana Menteri Italia Mario Draghi yang menyebut Presiden Erdogan sebagai seorang diktator.

"Kami dengan keras mengecam retorika populist yang tidak dapat diterima, yang dilontarkan oleh Perdana Menteri Italia terpilih Draghi dan pernyataan buruknya mengenai Presiden terpilih kami (Erdogan)," demikian pernyataan Cavusoglu dalam postingan Twitternya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PM Italia mengatakan bahwa sikap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat berada di dalam sebuah pertemuan dengan Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel seperti sikap seorang diktator. Hal itu dikarenakan Erdogan dinilai tidak menyediakan tempat duduk yang sama sehingga Ursula harus berdiri atau terpaksa duduk di atas sofa.


Krisis Imigran Ilegal di Perbatasan AS-Meksiko Diprediksi Bakal Semakin Memburuk

Kementerian Luar Negeri Turki juga dikabarkan sudah memanggil duta besar Italia pada Kamis (8/4) untuk menjelaskan maksud pernyataan PM Mario Drughi tersebut.

Pada Rabu (7/4), juru bicara Komisi Uni Eropa Eric Mamer mengecam adanya perbedaan perlakuan yang diterima oleh Charles Michel dengan Ursula von der Leyen dalam pertemuan dengan Presiden Turki Erdogan.

Merespon tudingan miring tersebut, Cavusoglu mengatakan bahwa pertemuan tersebut sudah terorganisir sesuai dengan permintaan ketiga tokoh politik tersebut.

Perdana Menteri Italia Sebut Erdogan sebagai Diktator

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×