logo


Cegah Korupsi di DKI, Anies Baswedan: Tingkatkan Pendapatan Sehingga Kebutuhan Tertutup

Pendapatan ASN dibuat setara dengan pendapatan bagi kegiatan-kegiatan lain yang ada di Jakarta.

9 April 2021 05:30 WIB

Anies Baswedan
Anies Baswedan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai salah satu faktor pendorong tindak korupsi adalah pendapatan yang tidak mampu memenuhi hidup layak. Menurutnya, upah yang layak merupakan cara untuk menghindari korupsi.

Hal itu disampaikan Anies saat menjadi pembicara dalam Serial Diskusi Membedah Praktik Korupsi Kepala Daerah yang digelar Diksi Milenial Yogyakarta di Grand Tjokro Gejayan, Kamis (8/4).

"Solusinya adalah meningkatkan pendapatannya sehingga kebutuhannya tertutup. Alhamdulillah di Jakarta solusinya adalah dengan pendapatan ASN dibuat setara dengan pendapatan bagi kegiatan-kegiatan lain yang ada di Jakarta. Intinya dibuat cukup, jangan sampai kurang," ujarnya.


Pemprov DKI Ubah Rumah Langganan Banjir Jadi Model Panggung, PDIP: Penyelesaian Sementara

Sebelumnya, Anies Baswedan menyebut ada tiga unsur penyebab munculnya korupsi. “Yaitu korupsi karena kebutuhan, keserakahan dan sistem," kata dia.

Mantan Mendikbud itu juga mengatakan koruptor memiliki kreativitas luar biasa dalam melancarkan aksinya. Dalam mengatasi hal tersebut, Pemda DKI kini tengah melakukan smart planning dalam melakukan berbagai pengadaan barang maupun jasa untuk mencegah praktik korupsi.

Mahasiswa Demo Anies Soal Korupsi Rumah DP 0, Pemprov DKI: Jangan Asal Demo Tanpa Fakta dan Data

Halaman: 
Penulis : Iskandar