logo


Joe Biden Bantah Bahas Asal Usul Covid-19 dengan Xi Jinping

Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa dirinya tidak membahas mengenai asal usul Covid-19 dengan Presiden Xi Jinping saat keduanya melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon pada Februari lalu.

8 April 2021 18:30 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa dirinya sejauh ini belum melakukan pembahasan mengenai asal usul infeksi Covid-19 dengan Presiden China Xi Jinping.

Hal itu ia sampaikan usai Fox News melontarkan pertanyaan apakah dirinya sudah menanyakan kepada Xi Jinping jika China telah menutup-nutupi informasi penting terkait virus Covid-19.

"Tidak, saya belum membahasnya dengan Presiden Xi. Terima kasih," jawab Joe Biden sebelum pergi keluar dari ruangan.


PSK di Brazil Blokir Jalan, Minta Dimasukkan dalam Daftar Prioritas Penerima Vaksin Covid

Gedung Putih sebelumnya menyatakan bahwa Joe Biden dan Xi Jinping telah melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon pada 10 Februari lalu, dimana kedua pemimpin negara superpower tersebut membahas mengenai situasi pandemi, hak asasi manusia, hubungan dagang dan isu keamanan Indo-Pasifik.

Meski demikian, Gedung Putih tidak menjelaskan secara detail mengenai isi pembicaraan Joe Biden dengan Xi Jinping tersebut.

Pada Desember lalu, The New York Times diketahui telah merilis sebuah laporan investigatif yang mengatakan bahwa respon pertama pemerintah China menanggapi kemunculan wabah Covid-19 adalah untuk meredam penyebaran informasi seputar virus tersebut. Mantan Presiden AS, Donald Trump kemudian menuding China telah berupaya menutup-nutupi terjadinya wabah Covid-19 dan tidak memberitahukannya kepada dunia pada saat itu, hingga akhirnya virus Covid-19 menyebar luas. Tuduhan Trump tersebut tentu saja dibantah oleh China.

AS Janji Sediakan Dana Bantuan Lebih dari Rp 2 T bagi Warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×