logo


PSK di Brazil Blokir Jalan, Minta Dimasukkan dalam Daftar Prioritas Penerima Vaksin Covid

Asosiasi pekerja seks komersial Brazil melakukan aksi demontrasi mendesak pemerintah untuk memasukkan mereka ke dalam daftar prioritas penerima vaksin Covid-19

8 April 2021 17:30 WIB

Asosiasi pekerja seks komersial di Brazil gelar aksi demo meminta pemerintah memasukkan mereka ke dalam daftar prioritas penerima vaksin Covid-19
Asosiasi pekerja seks komersial di Brazil gelar aksi demo meminta pemerintah memasukkan mereka ke dalam daftar prioritas penerima vaksin Covid-19 sputniknews

RIO DE JANEIRO, JITUNEWS.COM - Para pekerja seks komersial (PSK) di kota Belo Horizonte, Brazil, menggelar aksi demonstrasi untuk mendesak pemerintah memasukkan mereka ke dalam daftar prioritas penerima vaksin Covid-19.

Pada Senin (5/4) pekan ini, sebuah kelompok pekerja seks komersial yang tergabung dalam Association of Prostitutes of Mins Gerais, melakukan aksi pemblokiran jalan di depan sebuah hotel yang biasa mereka gunakan sebagai tempat bekerjanya sebelum masa pandemi dimulai. Sebagai informasi, pemerintah Brazil sendiri sudah me-legalkan praktek prostitusi.

"Kami berada di garis depan, menggerakkan roda perekonomian dan kami juga beresiko," kata Presiden asosiasi tersebut Cida Vieira kepada AFP.


Austria Akan Beli Vaksin Buatan Rusia secara Mandiri Jika Uni Eropa Tak Segera Keluarkan Ijin

"Kami juga perlu disuntik vaksin," tambahnya.

Pada bulan Desember lalu, Kementerian Kesehatan Brazil telah mengumumkan empat tahapan rencana program vaksinasi Covid-19, dimana para pekerja medis, warga pribumi, kelompok warga lanjut usia dan warga yang secara kesehatan beresiko tinggi terinfeksi Covid-19, masuk ke dalam daftar prioritas penerima suntikan vaksin. Kelompok prioritas tersebut berjumlah sekitar 77 juta.

Sementara tahap vaksinasi setelahnya adalah memberikan suntikan vaksin Covid-19 kepada tenaga pengajar atau guru, dan personil keamanan. Jika seluruh kelompok tersebut sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, pemerintah baru akan mendistribusikan vaksin kepada warga masyarakat luas, termasuk para PSK.

Senada dengan pernyataan Vieira, Lucimara Costa, seorang demonstran lainnya, juga mengatakan bahwa: "Kami adalah bagian dari kelompok prioritas karena kami menghadapi berbagai tipe orang dan nyawa kami juga berada di dalam resiko,"

Sejauh ini, sekitar 5 juta warga Brazil sudah mendapatkan dua suntikan vaksin Covid-19. Pemerintah Brazil sendiri berharap dapat memberikan vaksin kepada kelompok prioritas pada awal tahun 2021 ini, namun proses pendistribusiannya kemungkinan memakan waktu yang lebih lama karena minimnya pasokan vaksin.

Irak Yakin Bisa Hadapi Ancaman Teroris Tanpa Bantuan Pasukan Koalisi AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×