logo


24 Orang Ditangkap Terkait Bomber Makassar, Punya Peran Berbeda: Beri Motivasi, Cek Lokasi, Hingga Buat Bahan Bom

Kombes E Zulpan mengatakan bahwa 24 orang tersebut masih satu kelompok yakni JAD yang memiliki kaitan erat dengan Villa Mutiara dan berafiliasi dengan ISIS

8 April 2021 15:40 WIB

Ilustrasi bom.
Ilustrasi bom. Shutterstock

MAKASSAR, JITUNEWS.COM - Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) Kombes E Zulpan mengatakan bahwa tim Densus 88 telah menangkap 24 orang anggota kelompok JAD yang terlibat dalam aksi bom Gereja Katedral Makassar beberapa waktu yang lalu.

"Ini perkembangan terbaru, jadi sekarang yang diamankan 24 orang, kemudian dari 24 orang ini yang wanita tinggal 2 orang," kata Kombes E Zulpan seperti dilansir detikcom, Kamis (8/4/2021).

Kombes E Zulpan mengatakan bahwa 24 orang tersebut masih satu kelompok yakni JAD yang memiliki kaitan erat dengan Villa Mutiara dan berafiliasi dengan ISIS. Ia mengatakan 24 orang tersebut memiliki peran yang berbeda dalam membantu kedua eksekutor bom bunuh diri di depan gereja Katedral Makassar.


Pembenci Pemerintah Disebut Mudah Direkrut Teroris, Gerindra: Jangan Digeneralisir

"Kalau perannya secara detailnya kita bisa sampaikan secara rinci, tapi secara keseluruhan mereka ini merupakan satu kelompok yang sama yaitu JAD, bahkan mereka satu kelompok yang masih memiliki kaitan erat Villa Mutiara dan berafiliasi dengan ISIS. Secara garis besar memiliki peran mendukung dua eksekutor, perannya muai dari memberi motivasi, cek survei lokasi, ada pemberi kode, dan membuat bahan bom," jelasnya.

"Bahkan ada yang bantu merakit bom, kan gitu semua memiliki peran, tingkatnya beda-beda," pungkasnya.

Terduga Teroris Ngaku Aktif Pengajian Rizieq Shihab, Eks FPI: Lucu!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati