logo


Gelar Mukernas Ulama, PKB Bahas Soal Terorisme hingga Petani Milenial

PKB menyebut melawan terorisme dilakukan dengan jihad pendidikan pemahaman mengenai Islam

8 April 2021 14:27 WIB

Mukernas PKB
Mukernas PKB Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hari ini, Kamis (8/4), menggelar acara Munas Alim Ulama di Hotel Indonesia Kempinski. Munas Alim Ulama ini merupakan rangkaian dari acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB.

Pada Mukernas dan Munas Alim Ulama ini, partai besutan Muhaimin Iskandar atau Gus Ami ini mengangkat tema "Indonesia Bangkit, Indonesia Maju: Ikhtiar PKB Mendukung Presiden Menyukseskan Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi".

Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, KH Maman Imanulhaq, menyambut baik acara munas ini. Menurut KH Maman Imanulhaq, acara munas ini digelar di momen yang tepat.


Kritik Polisi yang Mengkaitkan Terorisme dengan Kebebasan Berpendapat, PKS: Bahaya!

"Kita sangat menyambut baik acara Munas ini karena momentumnya tepat. Yang pertama adalah bagaimana kita melakukan percepatan dalam menghadapi Covid-19 karena pemerintah melakukan upaya yang on the track termasuk vaksinisasi yang diyakini dengan pola kenaikan global kita akan naik di 6% pertumbuhan ekonominya di tahun ini dan tahun yang akan datang," kata KH Maman Imanulhaq kepada wartawan usai acara di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Kamis (8/4).

Pria yang karib disapa Kang Maman ini menyebut bahwa peran ulama dalam penanganan Covid-19 menjadi kunci penting. Hal tersebut juga ditekankan oleh Presiden Joko Widodo, bahkan Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi terhadap peran ulama pondok pesantren dalam penanganan Covid-19.

Poin lain yang dibahas adalah soal radikalisme dan terorisme. Kang Maman dihadapan wartawan menegaskan bahwa PKB menolak radikalisme dan terorisme. Menurutnya, Islam dan nasionalisme berjalan beriringan. Untuk melawan terorisme, kata Pengasuh Ponpes Al Mizan ini, bisa dilawan dengan pendidikan mengenai pemahaman Islam.

"Makanya tiga hal penting juga menjawab apa yang menjadi persoalan tersebut yang disebutkan oleh Ketum kita Abdul Muhaimin Iskandar yang pertama memang terorisme hanya bisa dilawan dengan jihad pendidikan memberikan pemahaman Islam wasatiyah," katanya.

Sementara itu, soal pertanian, menurut Kang Maman, PKB telah melahirkan petani milenial dan juga pesantren dengan digital farming. PKB terus mendorong pertanian untuk berinovasi agar mampu menjawab tantangan zaman.

"Tentang pertanian di beberapa pesantren yang kita bina. Misalnya di Jawa Barat kita yang melahirkan petani milenial dan juga pesantren-pesantren sistem digital farming, jadi PKB mendorong pertanian betul-betul maju berinovasi sampai di tingkat pusat kita meminta kemudahan pupuk bibit dan juga stop impor beras," tegasnya.

Tak hanya pertanian, PKB juga akan menguatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah pandemi.

"Yang terakhir Ketum menggarisbawahi soal UMKM di tengah pandemi seperti ini UMKM kita bertahan dengan sangat kuat dan PKB akan memperkuat anak-anak muda kreatif lewat start up," ujarnya.

Kang Maman yakin dengan menggabungkan generasi milenial dengan para kiai bisa memajukan Indonesia.

Dikejutkan dengan Terorisme di Tengah Pandemi, Jokowi: Saya Yakin PKB Tidak Kendor

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata