logo


Minta Pelaku Wisata Bersabar Soal Larangan Mudik, Gibran Yakinkan Ekonomi Membaik Mulai Juni

Jika laju Covid-19 terkendali, maka perekonomian pun bisa berjalan stabil.

8 April 2021 09:18 WIB

Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka FB Ora Gibran Ora

SOLO, JITUNEWS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta para pelaku wisata, khususnya perhotelan bersabar dengan pemberlakuan larangan mudik saat Lebaran imbas pandemi Covid-19.

Gibran menilai pelarangan mudik merupakan langkah yang tepat untuk meredam lonjakan kasus Covid-19. Jika laju Covid-19 terkendali, maka perekonomian pun bisa berjalan stabil.

"Saya ngerti, pasti bapak atau ibu banyak yang tidak setuju dengan aturan mudik ini. Tapi saya jelaskan sekali lagi, kalau nanti grafiknya (Covid) naik lagi, ini ekonomi akan memburuk lagi. Yang sudah baik kita pertahankan. Kita bersabar sekali lagi," ujar Gibran saat memberikan materi di Forum Pegiat Wisata Kota Solo, di Swiss Bell Hotel, Rabu (7/4).


PNS Solo Dilarang Mudik, Gibran Siapkan Sanksi bagi yang Ngeyel

Dia juga meyakinkan para pegiat wisata bahwa perekonomian di Solo bakal membaik pada Juni atau Juli. Menurutnya, wacana mengenai wellness tourism dan sport tourism tidak bisa direalisasikan bila ekonomi memburuk.

"Saya mohon bersabar sekali lagi. Percuma kalau kita ide-ide yang saya paparkan waktu kampanye tidak bisa dieksekusi, sangat disayangkan sekali. Jadi mohon bersabar sekali lagi, saya yakin nanti bulan Juni, Juli dan seterusnya akan semakin membaik. Tapi mohon ini mudik kita harus bersabar sekali lagi," jelasnya.

Sekali lagi, Gibran menuturkan kebijakan larangan mudik diterapkan demi mempercepat pemulihan ekonomi. Dia menyebut peniadaan mudik justru berdampak baik dalam jangka panjang bagi pelaku wisata.

"Saya tahu tahun 2020/2021, semuanya stabil, saya tidak ingin mempersulit itu. Tapi saya yakin juga sebelum ini hotel-hotel sudah mulai ramai dan rumah makan sudah mulai ramai. Tapi mudik tetap dilarang. Yang ngeyel mudik dikarantina, yang ngeyel mudik harus membawa swab paling tidak antigen. Yang sudah vaksin tapi ngeyel mudik tetap dikarantina," tukasnya.

Gibran Sidak SMA 1 Solo, Sempat Tegur Guru yang Tak Pakai Masker

Halaman: 
Penulis : Iskandar