logo


Dukung Salat Terawih dan Idul Fitri di Masjid, JK Ingatkan Pelaksanaan Protokol Kesehatan

JK meminta agar pelaksanaan ibadah salat tarawih dan salat Idul Fitri benar-benar diawasi oleh marbot atau penjaga masjid.

7 April 2021 20:14 WIB

Jusuf Kalla (JK) usai silaturahmi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Palang Merah Indonesia, Jakarta, Rabu (7/4/2021).
Jusuf Kalla (JK) usai silaturahmi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Palang Merah Indonesia, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Humas Kemenko PMK

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla mendukung keputusan pemerintah yang mengizinkan pelaksanaan salat tarawih selama bulan Ramadan dan salat Idul Fitri 1442 Hijriyah. Meski demikian, ia mengigatkan agar hal tersebut dilaksanakan secara ketat.

“Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Pak Menko atas izin untuk melaksanakan ibadah Ramadan. Yang jelas, berbeda dengan tahun lalu, tahun ini alhamdulillah kita sudah bikin edaran agar betul-betul dilaksanakan secara ketat,” kata mantan Wakil Presiden yang akrab disapa JK usai silaturahmi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Palang Merah Indonesia, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, JK juga mengingatkan agar kebersihan masjid diperhatikan demi kesehatan bersama. Ia meminta agar pelaksanaan ibadah salat tarawih dan salat Idul Fitri benar-benar diawasi oleh marbot atau penjaga masjid.


Beri Pesan ke Pewarta Foto, Menko PMK: Teruslah Berkarya untuk Kepentingan Kemanusiaan

“Kita juga sudah bicarakan bahwa masjid siap menjadi pusat vaksinasi untuk seluruh Indonesia. Sekali lagi kami juga berterima kasih karena pemerintah sudah mengizinkan salat tarawih dan salat Ied di masjid,” ucapnya.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan salat tarawih dan salat Idul Fitri. Menurutnya, hal yang terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan yang ketat selama beribadah.

“Maka itu saya bersilaturahmi kepada Bapak Jusuf Kalla untuk berkonsultasi sekaligus koordinasi pelaksanaan ibadah salat tarawih dan salat Idul Fitri dan kegiatan-kegiatan yang lain selama Ramadan. Dalam hal ini karena beliau Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia,” ungkap Muhadjir.

Muhadjir berharap dengan konsultasinya dengan JK, maka pemerintah bisa melakukan antisipasi hal-hal yang bisa terjadi dari keputusan pengizinan salat terawih dan salat Idul Fitri.

 

Terkait Mudik, Menko PMK Sebut Biaya Penanganan Covid Lebih Tinggi dari Keuntungan Ekonomi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati