logo


Jokowi Saksikan Awal Pembangunan Tol Trans Sumatera

Pembangunan tol Trans Sumatera tahap pertama dimulai dari pelabuhan Bakauheni hingga Terbanggi Besar.

30 April 2015 10:28 WIB

ISTIMEWA
ISTIMEWA

JAKARTA JITUNEWS.COM - Hari ini, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja menuju Lampung Selatan terkait pembangunan tol Trans Sumatera. Groundbreaking atau penggalian pembangunan tol sedianya akan disaksikan oleh Jokowi.

Pembangunan tol Trans Sumatera tahap pertama dimulai dari pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah). Proyek tahap pertama itu sendiri akan membangun jalan bebas hambatan sepanjang 2.818 kilometer. Sedianya proyek pembangunan tol tersebut rencananya akan digarap dalam tiga kali proses yang nantinya melintasi Bakauheni, Lampung Selatan, kemudian melewati Kota Bandar Lampung bagian timur hingga ke Terbanggi Besar, dan berakhir di Lampung Tengah.

Pertama, pembangunan akan difokuskan pada jalur Bakauheni–Natar dengan sepsifikasi panjang 104,7 kilometer. Jalur sepnajang itu nantinya akan melintasi Kecamatan Bakauheni, Penengahan, Ketapang, Palas, Kalianda, Way Panji, Sidomulyo,Candipuro, Katibung, Merbau Mataram, Tanjung Bintang, dan Jati Agung hingga Natar di Kabupaten Lampung Selatan.


Kereta Bandara Upaya Pemerintah Atasi Kemacetan

Sedangkan pada tahapan selanjutnya, fokus pembangunan bergeser mulai dari jalur Babatan-Tegineneng dengan ruas jalan bebas hambatan sepanjang 59,202 km. Sedangkan pembangunan terakhir, atau jalur yang ketiga yakni sepanjang 34,135 km mulai dari Tegineneng hingga ke Terbanggi Besar.

Sehingga total panjang jalan bebas hambatan Trans Sumatera yang melintasi Bakauheni, Bandar Lampung, dan Terbanggi Besar adalah 140,410 km. Hutama Karya (HK) selaku pemilik tender mengaku siap mengemban kesempatan pembuatan tol Trans Sumatera tahap pertama tersebut. Surat penetapan persetujuan pembangunan pun telah dikantongi HK.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam groundbreaking antara lain  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono dan Menteri  BUMN Rini Soemarno. Kedepan, ruas tol Trans Sumatera akan terbagi dalam empat koridor utama dan tiga koridor prioritas. Berikut adalah keempat koridor utama dan tiga koridor prioritas tersebut :

Keempat koridor utama:
* Bandar Lampung (Lampung) – Palembang (Sumatera Selatan)  358 km,
* Palembang – Pekanbaru (Riau)  610 km,
* Pekanbaru – Medan (Sumatera Utara)  548 km, dan
* Medan-Banda Aceh (NAD) 460 km.

Tiga koridor prioritas pembangunan yakni:
* Palembang – Bengkulu sepanjang 303 km,
* Pekanbaru – Padang (Sumatera Barat) sepanjang  242 km dan
* Medan – Sibolga sepanjang 175 km.

Fokus Pertumbuhan Ekonomi, Presiden Minta Jajarannya Tingkatkan Iklim Investasi

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan
 
×
×