logo


Kiriman Vaksin AstraZeneca untuk Aussie Diblokir Uni Eropa

Uni Eropa memblokir pengiriman 3,1 juta dosis vaksin AstraZeneca untuk Australia

6 April 2021 21:00 WIB

vaksin Covid-19 AstraZeneca
vaksin Covid-19 AstraZeneca istimewa

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Uni Eropa telah memblokir pengiriman 3,1 juta dosis vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca untuk Australia dimana negara tersebut tidak memiliki harapan besar untuk mendapatkan sisa 400 ribu dosis yang sudah dijanjikan oleh pihak AstraZeneca, sesuai dengan kesepakatan awal. Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat pemerintah Australia pada Selasa (6/4).

Pembatasan ekspor vaksin tersebut menjadi tanda bahwa AstraZeneca gagal memenuhi permintaan vaksin untuk Uni Eropa dan menjadi kendala bagi program vaksinasi Australia.

Pada bulan lalu, Uni Eropa sudah mengancam akan memblokir pengiriman vaksin AstraZeneca ke negara dengan tingkat penerimaan pasokan vaksin yang lebih tinggi dari mereka.


Sekjen NATO Khawatir dengan Peningkatan Aktivitas Militer Rusia di Perbatasan Ukraina

"Sejauh ini mereka (Uni Eropa) sudah memblokir 3,1 juta dosis," kata seorang narasumber pemerintah Australia yang tidak disebut namanya, dikutip Reuters.

Ia menambahkan bahwa Australia sejauh ini hanya menerima 300 ribu dosis dimana 400 ribu dosis lainnya dijadwalkan tiba pada akhir April mendatang.

"Kami belum menyerah untuk berharap tapi kami berhenti mengandalkan   pengiriman (vaksin) untuk kami selanjutnya," tambahnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada Selasa (6/4) mengatakan bahwa pemblokiran pengiriman vaksin tersebut membuat program vaksinasi Covid-19 Autralia tidak sesuai dengan yang direncanakan.

"Pada awal Januari, kami memprediksi jika kami akan memiliki 3,1 juta dosis vaksin. Vaksin-vaksin tersebut ternyata belum tiba di Australia," kata Morrison kepada wartawan.

Putin Jamin Argentina Akan Terima Pasokan Vaksin Sputnik V

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×