logo


Mengenal Keindahan dan Keharuman Bunga Melati

Suhu yang ideal bagi tanaman ini adalah 28-36 derajat celcius pada siang hari

30 April 2015 10:18 WIB

Bunga Melati
Bunga Melati

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Hampir tidak ada orang yang tidak mengenal bunga melati. Keharuman bunganya begitu familiar bagi sebagian orang. Selain keindahan bunganya, melati juga digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti penghias rangkaian bunga, bunga tabur, bahan campuran teh, bahkan kosmetika dan parfum, hingga kebutuhan farmasi.

Syarat tumbuh
Untuk pertumbuhan optimal, tanaman membutuhkan banyak cahaya matahari. Karena itu, melati cocok ditanam di tempat terbuka. Suhu yang ideal bagi tanaman ini adalah 28-36 derajat celcius pada siang hari dan 24-30 derajat celcius pada malam hari dengan kelembapan udara 50-80 %.

Media tanam
Menyukai media tanam yang banyak mengandung bahan organik dan drainase baik. Cocok ditanam pada jenis tanah latosal dan andosal.

Penyiraman
Agar pertumbuhannya optimal, tanaman perlu disiram setiap hari, terutama pada awal pertumbuhan. Siram media tanam hingga cukup basah setiap kali menyiram.

Pemupukan
Pemupukan lebih diutamakan ketika melakukan pemangkasan, saat tanaman berbunga, dan ketika tanaman kurang sehat. Jenis pupuk yang dapat digunakan antara lain urea, TSP, dan KCI dengan dosis sesuai anjuran. Pemupukan dilakukan dengan cara memendam pupuk sedalam 10-15 cm di sekeliling tajuk.

Tips dan trik meningkatkan pembungaan
Pertumbuhan bunga pada tanaman melati dapat ditingkatkan dengan pemberian pupuk yang mengandung fosfor (P) tinggi, seperti Gandasil B (6-20-30) atau Hyponex biru (10-40-15) dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan. Zat perangsang tumbuh (ZPT) sepertiCycocel (Chloromiguat) juga dapat digunakan untuk meningkatkan dan mempertahankan kemunculan bunga melati. Caranya, semprot Cycocel berkonsentrasi 5000 ppm seb1,45 kg per tanaman.

Klik! Tanaman Hias Penyerap Racun di Dalam Rumah

Halaman: 
Penulis : Hasballah