logo


Selandia Baru Mulai Ijinkan Wisatawan Australia Masuk Tanpa Karantina

PM Selandia Baru mengumumkan bahwa pihaknya akan mengijinkan wisatawan Australia untuk berkunjung ke wilayahnya tanpa harus menjalani karantina mulai 19 April mendatang

6 April 2021 16:45 WIB

Jacinda Ardern
Jacinda Ardern istimewa

WELLINGTON, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pada Selasa (6/4) mengatakan bahwa pihaknya akan mengijinkan wisatawan asal Australia untuk memasuki wilayah Selandia Baru mulai 19 April mendatang, tanpa harus menjalani karantina, atau yang disebut dengan istilah "travel bubble".

Meski sejak beberapa bulan lalu sejumlah negara bagian Australia sudah mengijinkan wisatawan asal Selandia Baru untuk berkunjung tanpa harus menjalani masa karantina, namun pemerintah Selandia Baru masih menutup wilayahnya untuk wisatawan dari Australia karena adanya kekhawatiran mengenai penyebaran Covid-19.

"Travel bubble Trans-Tasman akan menandai dimulainya bab baru dalam langkah penanganan dan pemulihan Covid-19, suatu hal yang rakyat kita telah bekerja keras untuk hal itu," kata Ardern kepada para wartawan di Wellington, dikutip Reuters.


AS Minta Rusia Hentikan Tindakan Provokatif di Perbatasan Ukraina

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyebut kesepakatan pembukaan perjalanan antara kedua negara tersebut sebagai "langkah pertama dari sejumlah kesepakatan yang akan dicapai".

"Seiring dengan kita untuk kembali ke posisi normal, tidak hanya untuk tahun ini tapi juga (tahun-tahun) selanjutnya," kata Scott Morrison.

Untuk diketahui, kedua negara tersebut telah mampu meredam penyebaran virus Covid-19 secara efektif. Australia sejauh ini hanya memiliki 29.400 kasus infeksi dengan 909 kematian sedangkan Selandia Baru melaporkan 2.100 kasus infeksi dengan 26 kematian.

China Bakal Tingkatkan Aktivitas Militernya di Dekat Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia