logo


China Bakal Tingkatkan Aktivitas Militernya di Dekat Taiwan

Angkatan Laut China mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar latihan rutin di Selat Taiwan untuk meningkatkan kemampuan mereka menjaga keamanan dan kedaulatan nasional China

6 April 2021 15:45 WIB

Kapal Perang China
Kapal Perang China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Sebuah grup kapal induk China dikabarkan saat ini tengah melakukan latihan tempur di Selat Taiwan dimana kegiatan tersebut akan terus ditingkatkan. Hal itu disampaikan oleh Angkatan Laut China pada Senin (5/4).

Taiwan selama ini terus menyampaikan keluhan mereka terkait peningkatan aktivitas militer China di dekat wilayah teritorialnya beberapa bulan belakangan ini, seiring dengan China yang meningkatkan upaya mereka untuk memaksa Taiwan kembali bergabung dengan Beijing.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Angkatan Laut China mengatakan bahwa kelompok armada tersebut, yang dipimpin oleh kapal induk Liaoning, tengah menggelar latihan tempur "rutin" di dekat wilayah perairan Taiwan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan untuk mempertahankan keamanan, kepentingan dan kedaulatan nasional China.


Hadapi Ancaman Rusia, Ukraina Bakal Gelar Latihan Militer Gabungan dengan Inggris dan NATO

"Latihan serupa akan digelar secara rutin di masa mendatang," kata Angkatan Laut China, dikutip Reuters.

Pernyataan tersebut muncul usai Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan bahwa sejumlah pesawat tempur China teridentifikasi melanggar batas teritorial mereka pada Senin.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Jepang pada Minggu (4/4) mengatakan bahwa kapal induk Liaoning, beserta lima kapal tempur China lainnya diketahui melakukan transit di Selat Miyako sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Samudera Pasifik.

"Kombinasi kapal induk pembawa pesawat dan kapal penghancur besar Type 055 akan menjadi konfigurasi standar armada kapal induk China di masa depan," tambah Angkatan Laut China.

 

AS Minta Rusia Hentikan Tindakan Provokatif di Perbatasan Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×