logo


Mau Terima Kembali Kader Pembelot, AHY: Maafkan tapi Tidak Bisa Begitu Saja Dilupakan

AHY mengatakan bahwa pihaknya membuka peluang bagi kader yang ingin kembali.

6 April 2021 09:23 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Istimewa

PASURUAN, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), akan memaafkan dan menerima kembali para kader yang membelot dan bergabung ke Demokrat versi kongres luar biasa (KLB).

Meski memaafkan, AHY tidak akan lupa bahwa mereka telah mengkhianatinya.

"Prinsip kami, maafkan tetapi tidak bisa begitu saja dilupakan. Forgive, but not forget, itu prinsip umumnya," ujar AHY di Pasuruan, Jawa Timur, Senin (5/4).


Tegaskan Prahara PD Bukan untuk Naikan Elektabilitas, AHY: Kami Selamatkan Partai

AHY mengatakan bahwa pihaknya membuka peluang bagi kader yang ingin kembali.

"Tapi juga ada tata caranya jika, orang per orang ingin kembali, menyesali perbuatannya dan tidak akan melakukan hal serupa, tapi juga dengan ukuran-ukuran," katanya.

AHY menjelaskan ukuran yang dimaksud yaitu tingkat pelanggaran yang dilakukan kader.

"Ada yang memengaruhi lainnya, ada yang tertipu, ada memang yang punya niat, ada juga yang jadi operator untuk bergerak secara masif dan menghasut mengadu domba, memecah belah soliditas Demokrat. Artinya kadarnya beda-beda, nggak beda semua dicap dalam keranjang yang sama," jelasnya.

Namun, AHY tetap menghargai para kader Demokrat yang telah setia dengannya. Ia paham jika mereka tidak akan mudah menerima kembali kader yang telah membelot.

"Karena saya juga harus berempati terhadap perasaan kader se-Indonesia yang diaduk-aduk, marah, sedih, kecewa dan lain sebagainya. Dan tentu mereka punya hak untuk marah, mereka punya hak untuk tidak begitu saja menerima," pungkasnya.

Ingin Segera Ketemu Jokowi, Apa yang Akan Dibahas AHY?

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata