logo


Persaingan Pasar Smartphone Semakin Brutal, LG Kibarkan Bendera Putih

LG berencana keluar dari pasar smartphone usai mengalami kerugian selama beberapa tahun belakangan ini

5 April 2021 21:00 WIB

LG booth
LG booth gizmologi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG, akan segera mundur dari pasar smartphone, usai tingkat penjualan smartphone mereka menurun tajam selama enam tahun belakangan ini dimana divisi smartphone LG secara keseluruhan telah mengalami kerugian hingga $4,5 miliar.

Dalam sebuah pernyataan tertulis yang dirilis oleh Reuters, LG mengatakan bahwa keluarnya mereka dari pasar smartphone yang memiliki tingkat persaingan yang sangat kompetitif tersebut memungkinkan mereka untuk lebih berfokus pada sektor lain seperti produksi komponen kendaraan listrik, dan perangkat elektronik untuk kebutuhan smart home.

Di tahun 2013, LG sebenarnya mampu bersaing dengan sejumlah perusahaan tekonologi lain yang juga bermain di dalam pasar ponsel pintar. Terlebih, sejumlah smartphone buatannya membawa inovasi ultra-wide kamera, dimana fitur tersebut jarang ditemukan di smartphone lain. Pada tahun itu, LG bahkan menjadi produsen smartphone terbesar ketiga di dunia, dibawah Samsung dan Apple.


Cuan Terus, Penjualan Huawei Masih Meningkat Meski Sanksi AS Belum Dicabut

Namun kemudian, sejumlah varian seri smartphone kelas flagship LG menghadapi sejumlah kendala, baik pada sisi software maupun hardware, ditambah dengan lambatnya update software. Sehingga, tingkat penjualan mereka mengalami penurunan ditengah gencarnya pemasaran produsen smartphone asal China.

Menurut data yang dihimpun oleh perusahaan riset Counterpoint, pada tahun 2020 lalu LG hanya mampu menjual 23 juta unit ponsel ke seluruh dunia, atau 2 persen dari total penjualan smartphone global. Sementara Samsung, produsen smartphone yang juga berasal dari Korea Selatan, mampu menjual 256 juta unit smartphone mereka.

Meski sejumlah brand smartphone besar lain juga mengalami penurunan penjualan yang signifikan sama seperti LG, sebut saja Nokia, HTC dan Blackberry, namun mereka sejauh ini masih terus berusaha untuk bertahan.

OPPO Reno 4, Smartphone Desain Stylish Anti Minder

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia