logo


Membuat Website Itu Mudah Loh, Begini Caranya

Tidak seperti yang dipikirkan banyak orang, membuat website mudah dan sangat bisa dipelajari oleh siapapun

4 April 2021 18:08 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Satu dekade lalu, para pebisnis mungkin mengumpulkan modal sebanyak mungkin untuk menyewa outlet di tepi jalan. Belum lagi pasang banner hingga menyebarkan brosur yang tentunya membutuhkan biaya operasional. Namun sekarang di era internet, semua hal itu bisa dilakukan oleh website. Apalagi membuat website mudah sehingga sudah pasti Anda sangat diuntungkan.

Hmm, apa memang benar membuat website mudah?

Jawabannya adalah iya! Berterimakasihlah kepada perkembangan teknologi, saat ini Anda bahkan tak perlu repot-repot belajar coding dulu agar bisa bikin website. Tak perlu cemas atau takut terlebih dulu karena berpikir bikin website itu rumit. Manfaatkan saja platform CMS (Content Management System), dan Anda tinggal menulis konten saja.


AS Tingkatkan Tekanan atas Huawei, China: Penindasan yang Tidak Masuk Akal

Semudah itu? Tentu saja! Tidak percaya kalau membuat website mudah? Ulasan tata cara berikut ini bisa Anda pertimbangkan.

5 Cara Membuat Website dengan Mudah

1. Tentukan Jenis Website

Agar Anda bisa merasakan membuat website mudah dan bisa dilakukan siapapun, hal pertama sebelum masuk ke urusan teknis adalah tentukan dulu jenis website yang Anda mau. Misalkan saja bagi kebutuhan bisnis, tentukan apakah mau membangun website toko online, situs berita atau forum. Sementara untuk kebutuhan pribadi, Anda bisa memilih blog.

2. Pilih Platform Website

Jika sudah menentukan jenis website yang ingin dibangun, hal selanjutnya adalah memilih platform untuk membangunnya alias CMS. Yap, CMS adalah piranti lunak yang memungkinkan siapapun memperoleh akses pengelolaan website. Ada banyak sekali CMS untuk website yang dapat dipilih, tapi WordPress bisa dibilang yang paling populer.

3. Beli Domain

Supaya website Anda semakin kredibel dan profesional, belilah domain terlebih dulu. Pastikan domain ini unik dan sudah TLD, terutama kalau Anda memang bertujuan untuk sebuah bisnis. Domain yang sudah TLD dan menggunakan kata yang menggambarkan bisnis, sudah pasti akan lebih dipercaya oleh konsumen.

4. Tentukan Layanan Hosting

Nah, agar website ini bisa diakses setelah Anda membeli domain, tentukan layanan hosting. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan penyedia hosting, pastikan kalau mereka memang berpengalaman dan terpercaya. Lalu kemudian pilih paket sesuai kebutuhan dan website Anda akan berjalan sesuai dengan keinginan.

5. Lakukan Optimasi Website

Terakhir yang harus Anda lakukan saat membangun website adalah melakukan optimasi. Optimasi di sini bisa mulai dari memilih template yang cocok, menentukan bagaimana jadwal update konten, menerapkan kaidah SEO (Search Engine Optimization) dan mengenalkan website kepada pasar.

Anti Ribet Bikin Website di WordPress

Bagaimana? Terbukti kan kalau membuat website mudah? Apalagi jika Anda menggunakan CMS yang banyak digunakan orang di seluruh dunia, WordPress. Yap, dengan menggunakan WordPress, Anda akan memperoleh pengelolaan konten yang mudah. Tak perlu ribet urusan coding atau maintenance, WordPress yang akan melakukannya.

Anda tinggal belajar saja bagaimana cara membuat blog di WordPress mulai dari mendaftarkan akun di WordPress, membeli domain, menyewa hosting dan akhirnya memposting konten dengan satu klik saja. Tak perlu tunggu lama, konten Anda bakal langsung dirilis dan bisa dibaca di halaman utama website.

Tentu dengan ulasan di atas, terbukti kalau pada dasarnya membuat website mudah itu memang bukan sekadar isapan jempol saja. WordPress adalah pilihan terbaik bagi pemula yang baru ingin membangun website. Lantaran tak perlu mencemaskan lagi urusan teknis, Anda yang adalah pebisnis online bisa fokus mengembangkan bisnis dengan memposting konten berkualitas saja.

Fitur, Kelebihan, dan Cara Pemasangan GB Whatsapp

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata