logo


AS Selundupkan Gandum dari Suriah ke Wilayah Irak

SANA melaporkan bahwa 12 truk milik AS telah mengangkut gandum dari Suriah dan membawanya ke Irak

3 April 2021 14:15 WIB

Truk militer Amerika Serikat
Truk militer Amerika Serikat AP

DAMASKUS, JITUNEWS.COM - Sedikitnya dua belas truk AS dilaporkan mengangkut dan menyelundupkan gandum dari wilayah Suriah menuju perbatasan Irak melalui jalur penyeberangan ilegal. Hal tersebut dilaporkan oleh kantor berita Suriah SANA pada Kamis (1/3).

Mengutip beberapa narasumber, SANA mengatakan bahwa gandum tersebut telah dicuri dari sejumlah lahan di wilayah Tal Alou dan AL Hasakah.

Pada Jumat, 18 kendaraan militer AS yang sarat dengan muatan gandum juga dilaporkan melintas di jalur penyeberangan Semalka di perbatasan Suriah-Irak.


Inggris Laporkan 30 Kasus Gejala Efek Samping Penggunaan Vaksin AstraZeneca

Sejumlah pejabat pemerintah Suriah sebelumnya juga mengatakan bahwa minyak mentah Suriah selama ini telah menjadi sasaran pencurian pasukan AS, dan menjadi satu-satunya alasan mengapa pasukan AS tidak ditarik keluar dari Irak.

Sementara itu, Rusia pada awal pekan ini mengatakan bahwa mereka terus menerima laporan mengenai konvoi kendaraan militer AS yang mengangkut minyak dan gandum dari SUriah menuju Irak, setiap harinya. Rusia mengatakan bahwa pada 23 Maret lalu, 300 truk tanki minyak juga telah melintasi perbatasan Suriah-Irak.

Cegah Insiden Ever Given Terulang, Mesir Diminta Upgrade Kapabilitas Terusan Suez

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia