logo


Gubernur Papua Pergi ke Luar Negeri Secara Ilegal, PAN: Memalukan Negara Kita

Lukas Enembe dideportasi karena masuk wilayah Papua Nugini tanpa dokumen yang sah.

3 April 2021 11:00 WIB

Guspardi Gaus
Guspardi Gaus twitter.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Politisi PAN, Guspardi Gaus menyebut kepergian Gubernur Papua Lukas Enembe ke Papua Nugini secara ilegal adalah tindakan yang memalukan negara.

Lukas Enembe sendiri mengaku pergi ke Papua Nugini dengan menggunakan ojek melalui jalur darat. Dia pergi ke Papua Nugini untuk menjalani terapi saraf kaki.

"Tentu itu pasti memalukan (Indonesia)," cetus Guspardi, sebagaimana dikutip dari detik.com, Sabtu (3/4).


Bantah Diincar Moeldoko, PAN: Menggelikan

Menurut Guspardi, berkunjung ke suatu negara tanpa dokumen yang sah adalah tindakan yang tak pantas dilakukan oleh seorang pejabat daerah.

"Nanti bisa saja pihak negara tersebut (Papua Nugini) akan melakukan tindakan-tindakan hukum dan itu kan memalukan negara kita, sebagai seorang pejabat apalagi sekarang ini sudah diketahui oleh masyarakat banyak bahwa yang bersangkutan sudah diekspos di berbagai media," lanjut anggota Komisi II DPR RI itu.

Sebelumnya, Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Papua Novianto Sulastono membenarkan bahwa Lukas Enembe dideportasi oleh pemerintah Papua Nugini.

"Karena masuk ke PNG (Papua Nugini) tanpa dokumen, yang bersangkutan dideportasi oleh pemerintah negara sebelah," ujar Novianto.

Lukas Enembe Dideportasi Pemerintah Papua Nugini, PKS: Buat Indonesia Tak Nyaman

Halaman: 
Penulis : Iskandar