logo


WHO Keluhkan Program Vaksinasi Covid-19 Eropa yang Sangat Lambat

Direktur WHo wilayah Eropa Hans Kluge mengatakan bahwa program vaksinasi Covid-19 di wilayah Eropa sangat lambat

2 April 2021 05:41 WIB

Direktur WHO Eropa Hans Kluge
Direktur WHO Eropa Hans Kluge istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluhkan lambatnya pendistribusian vaksin Covid-19 di wilayah Eropa dan memperingatkan bahwa peningkatan kasus infeksi di wilayah tersebut sangat mengkhawatirkan.

Direktur WHO untuk wilayah Eropa Hans Kluge pada Rabu (31/3) mengatakan bahwa lambatnya program vaksinasi di kawasan tersebut dapat "memperpanjang" situasi pandemi.

"Vaksin menyediakan kita jalan keluar terbaik dari situasi pandemi. Tidak hanya (vaksin-vaksin) itu manjur, tapi juga sangat efektif mencegah infeksi," ujar Hans Kluge dalam pernyataan tertulisnya dikutip Al Jazeera.


Menhan AS Kembali Desak Turki Tak Gunakan Sistem Pertahanan Buatan Rusia S-400

"Akan tetapi, pendistribusian vaksin-vaksin ini sangat lambat," tambahnya.

"Kita harus mempercepat prosesnya dengan meningkatkan produksi, mengurangi halangan untuk memberikan ijin vaksin dan menggunakan setiap suntikan vaksin yang sudah kita miliki sekarang," lanjutnya.

WHO wilayah Eropa sendiri diketahui membawahi 53 negara, termasuk 27 negara anggota Uni Eropa, Inggris, Rusia, sejumlah negara Asia Tengah dan Israel.

WHO mengatakan bahwa dari total populasi Eropa yang mencapai 900 juta penduduk, sejauh ini baru 10 persen diantaranya yang sudah menerima dosis pertama vaksin Covid-19, dan hanya 4 persen yang sudah mendapatkan suntikan kedua.

Presiden Ukraina Tuding Rusia Ingin Tingkatkan Tensi di Wilayah Perbatasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia