logo


Meski Mayoritas Muslim, Maruf Amin Tegaskan Indonesia Bukan Negara Islam

Pancasila sebagai dasar negara adalah suatu kesepakatan nasional yang disusun oleh para pendiri bangsa.

1 April 2021 21:58 WIB

KH Ma\'ruf Amin
KH Ma'ruf Amin Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Meski menyandang predikat negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia bukanlah negara Islam.

Begitu kata Wakil Presiden Maruf Amin saat berpidato di acara Perayaan Paskah Lintas Umat Beragama Tahun 2021. Acara tersebut digelar Persekutuan Gereja di Tanah Papua dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua secara virtual, Kamis (1/4).

"Saya ingin memulai pesan kebangsaan ini dengan menegaskan kembali bahwa walaupun Indonesia merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim, bahkan yang terbesar di dunia, namun Indonesia bukan negara Islam," ujar Maruf.


Ma'ruf Amin: Vaksinasi di Bulan Ramadhan Tidak Membatalkan Puasa

"Dasar negara kita adalah Pancasila, sebagai suatu kesepakatan nasional yang disusun oleh para pendiri bangsa," sambungnya.

Maruf menjelaskan bahwa Pancasila adalah landasan sudah mengakomodasi keberagaman rakyat Indonesia. Pancasila juga, lanjut dia, telah merekatkan masyarakat untuk hidup berdampingan dalam bingkai NKRI.

Dia meminta masyarakat menjaga dan merawat Pancasila bersama-sama. "Kebinekaan kita merupakan fondasi, kekayaan sekaligus kekuatan eksistensial negara dan bangsa Indonesia," tutur dia.

Soal Mudik Lebaran, Ma'ruf Amin: Belum Kita Putuskan

Halaman: 
Penulis : Iskandar