logo


Terkait Aksi Teror di Makassar & Mabes Polri, Ustaz Riza: Dilarang Membunuh Orang Tak Bersalah Tanpa Alasan yang Jelas

Setiap muslim harus tahu bahwa membunuh orang yang tidak bersalah adalah dosa besar.

1 April 2021 21:31 WIB

Riza Muhammad
Riza Muhammad Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ustaz Riza Muhammad mengaku prihatin atas kejadian teror di Makassar dan Mabes Polri dalam empat hari terakhir.

“Saya turut berduka cita, sedih, atas peristiwa meledaknya bom bunuh diri di Makassar, dan baku tembak yang terjadi di Kepolisian,” ucapnya lewat video unggahan Instagram @ustdzrizamuhammad, dikutip Kamis (1/4).

Suami dari Indri Giana ini menerangkan, menghilangkan nyawa seseorang tanpa alasan yang jelas adalah dosa besar. Dia mengingatkan umat muslim agar selalu berpegang pada Alquran dan hadist agar tak tersesat.


Senjata Penyerang Mabes Polri Diduga Jenis Air Soft Gun, Deddy Corbuzier: Saya Pernah Ketembak Ginian, Nggak Sakit

“Oleh karenanya hal ini harus jadi perhatian semuanya. Agar setiap muslim kembali kepada fitrah terhadap agama Allah. Dua perkara yang ditinggalkan Rasul selama dia (muslim) berpegang teguh kepadanya tidak akan sesat, (yaitu) Alquran dan hadist,” ujarnya.

Riza menukil surat Annisa ayat 59. “Kalau menghadapi suatu persoalan carilah jawabannya di Alquran dan hadist,” jelasnya.

Menjawab hal itu, dia menjelaskan melalui surat Al Isra ayat 33. “Dilarang membunuh jiwa yang tidak bersalah tanpa sebuah alasan yang benar. Ayat ini sudah menandakan kalau ternyata kita tidak boleh membunuh sembarang tanpa alasan yang jelas, apalagi membunuh yang tidak bersalah, karena itu suatu perintah,” paparnya.

Sang ustaz menekankan, setiap muslim harus tahu bahwa membunuh orang yang tidak bersalah adalah dosa besar.

“Jangan sampai melakukan aksi pembunuhan terhadap orang yang tidak bersalah. Termasuk jauhi perkara dosa yang besar di hadapan Allah SWT,” kata Riza.

“Mudah-mudahan kita bisa menghambil hikmah dari pelajaran dengan ini berhati-hati dalam bersikap menjadi mukmin yang baik. Jadi muslim yang taat yang berpatokan kepada Alquran dan hadist,” tandasnya.

Bukan Abu Bakar Ba'asyir Lagi, Tengku Zulkarnain Heran Aksi Terorisme Saat Ini Dikaitkan FPI

Halaman: 
Penulis : Iskandar