logo


Penyerang Mabes-Pelaku Bom Makassar Disebut Miliki Ideologi Sama, BNPT: Kekerasan Jadi Ciri Khasnya

BNPT belum melihat apakah ada kaitannya penyerang Mabes Polri dengan pelaku bom bunuh diri di Makassar.

1 April 2021 06:30 WIB

Kepala BNPT Irjen Pol. Boy Rafli Amar
Kepala BNPT Irjen Pol. Boy Rafli Amar ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan ada kesamaan ideologi yang dianut oleh penyerang Mabes Polri yang dilakukan ZA (26) dengan pelaku bom bunuh diri di depan geraja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3/2021). Ia menjelaskan bahwa kesamaan ideologi kedua aksi tersebut dilihat dari surat wasiat yang menginginkan mati dalam keadaan syahid.

"Kita belum melihat ada (kaitan aksi Makassar). Tapi memiliki kesamaan ideologi yang dipahami, jadi ini trans nasional ideologi kekerasan, ideologi terorisme yang selama ini menjadi ciri khasnya," kata Boy dalam program Mata Najwa yang ditayangkan di Trans7, Rabu (31/3/2021) malam.

"Ini juga terkonfirmasi dari informasi yang kami dapat, juga adanya surat wasiat dari yang bersangkutan," imbuhnya.


Kutuk Keras Penyerangan Mabes Polri, Wagub DKI: Kami Rumuskan Gerakan Cegah Aksi Bunuh Diri

Meski demikian, Boy belum melihat apakah ada kaitannya penyerang Mabes Polri dengan pelaku bom bunuh diri di Makassar. Ia pun meminta publik menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan oleh pemerintah.

"Saya belum melihat adanya sebuah korelasi, yang bersangkutan apakah terkait jaringan terorisme atau tidak. Kita perlu pendalaman lebih lanjut," pungkasnya.

 

Kecam Aksi Penyerangan Mabes Polri, NasDem: Ini Simbol Perang Terbuka Teroris untuk NKRI

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati