logo


Joe Biden Minta Negara Bagian Tak Longgarkan Protokol Kesehatan

Presiden AS mendesak pemerintah negara bagian untuk kembali mewajibkan penggunaan masker guna menekan laju penyebaran Covid-19

30 Maret 2021 18:09 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Joe Biden pada Senin (29/3) meminta pemerintah negara bagian untuk sementara waktu tidak melonggarkan protokol kesehatan dan mewajibkan kembali aturan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Masyarakat mulai meremehkan tindakan pencegahan, dimana itu adalah hal yang buruk," kata Biden dalam sebuah konferensi pers di Gedung Putih, dikutip RT.com.

Ia menambahkan bahwa rata-rata penambahan kasus harian infeksi Covid-19 di AS dalam tujuh hari terakhir ini meningkat 16% dibanding pekan sebelumnya.


Joe Biden Tak Berniat Gelar Pertemuan dengan Kim Jong-un

Terkait aturan penggunaan masker, sejumlah negara bagian AS yang tidak mewajibkan masker justru mengalami tren positif dimana rata-rata penambahan kasus infeksi Covid-19 mengalami penurunan.

Negara bagian Texas, contohnya, telah mengalami penurunan jumlah kasus infeksi hingga 48 persen sejak Gubernur Greg Abbott mengumumkan bahwa penggunaan masker di tempat umum tak lagi menjadi kewajiban. Negara bagian Mississippi, yang mengikuti langkah Texas, juga mengalami penurunan kasus Covid-19 hingga 57% dibanding dengan bulan lalu.

Negara bagian Carolina Selatan dan Arizona, yang tidak pernah mewajibkan aturan penggunaan masker dan bahkan melonggarkan protokol kesehatannya pada awal bulan Maret lalu, juga mengalami penurunan kasus Covid-19.

Sementara itu, negara bagian yang memperketat aturan protokol kesehatan, seperti New York dan New Jersey, justru mengalami peningkatan jumlah kasus infeksi Covid-19. Bahkan, '40 persen kasus infeksi Covid-19 di AS terjadi di New York pada pekan lalu.

"Saya tegaskan kembali permintaan saya kepada semua gubernur, walikota dan pemimpin daerah untuk tetap menjaga dan mewajibkan kembali aturan penggunaan masker," kata Biden.

"Ini bukan masalah politik...ini adalah satu-satunya cara agar kita dapat kembali kepada (kehidupan) normal," tegasnya.

Adik Perempuan Kim Jong-un Marah Besar dengan Pernyataan Presiden Korsel soal Uji Coba Rudal Korut

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia